Gibran Ingin Genjot Hilirisasi Industri tapi Akui Masalah Lingkungan Jadi Tantangan

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka mengulangi komitmennya dan pasangannya Prabowo Subianto untuk menggenjot hilirisasi industri di berbagai sektor, tidak hanya pertambangan tetapi juga pertanian, maritim, digital, dan lain-lain.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Namun masalahnya, selain melakukan transisi energi hijau demi menghentikan ketergantungan terhadap energi berbasis fosil, tantangan hilirisasi industri adalah permasalahan kerusakan lingkungan.

"Tantangannya di sini adalah mencari titik keseimbangan atau titik tengah kita ingin menggenjot hilirisasi industri tapi juga kita wajib menjaga kelestarian lingkungan; kita ingin meningkatkan produktivitas petani dan juga sektor maritim tapi kita juga wajib menjaga keseimbangan alam," kata Gibran dalam pemaparan visi dan misinya pada forum Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu malam, 21 Januari 2024.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Dalam pelaksanaannya, katanya, tentu, analisis dampak lingkungan (Amdal) wajib dilaksanakan, laporan keberlanjutan harus dilaksanakan. Selain itu, jangan sampai ada alih fungsi lahan yang sekiranya merugikan pengusaha lokal, UMKM lokal, ataupun masyarakat adat setempat.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Ilustrasi - Tambang batu bara

Photo :
  • ANTARA FOTO

"Sekali lagi potensi energi baru terbarukan juga luar biasa sekali: ada energi surya, angin, air, bioenergi, panas bumi, dan kita juga punya potensi besar sekali 3.686 giga watt," ujarnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Bamsoet menilai penyempurnaan UU Pemilu perlu dilakukan di awal pemerintahan Prabowo Subianto periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024