Debat Cawapres 2024

Cek Fakta: Mahfud MD Sebut Food Estate Gagal dan Rusak Lingkungan

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat Cawapres 2024 kedua digelar mala mini di JCC, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Cawapres nomor urut 03 mengatakan jika program pemerintah sial Food Estate gagal.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

“Kita punya program petani bangga bertani di laut jaya nelayan sejahtera jangan misal seperti Food Estate yang gagal dan merusak lingkungan yang benar aja? Rugi dong kita,” kata Mahfud MD, Minggu, 21 Januari 2024.

Cek Fakta:

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

Program pemerintah Food Estate disebut gagal oleh cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat menyampaikan visi misi dalam debat keempat pilpres 2024. Guru besar bidang sosiologi pertanian Universitas Brawijaya, Mangku Purnomo sempat mengatakan, manfaat dari food estate tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat.

Paling cepat, kata dia, bisa dirasakan jika infrastrukturnya sudah bagus. Dikatakan bahwa dalam tiga tahun baru bisa dirasakan manfaat dari food estate.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

“Yang bilang food estate tidak sukses hanya karena 1 kali gagal panen itu jelas-jelas tidak mengerti pertanian. Evaluasi baru bisa dilakukan setelah minimal 3 kali siklus panen,” kata Mangku dalam keterangannya, dikutip VIVA. 

“Paling cepat kita bisa merasakan manfaat food estate, kalau infrastrukturnya sudah bagus, maka dalam 3 tahun bisa dirasakan. Tapi kalau membangunnya dari awal, setidaknya butuh 5 tahun,” sambungnya.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Paramitha Widya Kusuma

Soroti Predikat Kemiskinan di Brebes, Paramitha: Pemda Harus Perhatikan 3 Hal Ini

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Paramitha Widya Kusuma mengatakan Pemerintahan Kabupaten Brebes periode 2024 nanti harus memperhatikan tiga hal ini agar daerah ters

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024