Debat Cawapres 2024

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Petani Gurem Hanya Miliki Lahan Tanah Setengah Hektar

Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat keempat pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat kali ini mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Sukanto Tanoto Disiapkan Lahan Investasi di IKN, Initip Gurita Bisnisnya

Pernyataan Cak Imin:

Dalam menyampaikan visi misinya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut jika kehidupan petani kurang layak dalam 10 tahun terakhir.

Cak Imin Rahasiakan Calon dari PKB Untuk Pilgub Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah Bahaya

“Hasil sensus BPS menunjukkan bahwa 10 tahun terakhir ini telah terjadi jumlah petani rumah tangga gurem, rumah petani gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 Juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektar. Sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektar sebagai kekuasaan negara diberikan kepadanya,” kata Mahfud MD saat menyampaikan visi misi debat keempat hari ini, Minggu, 21 Januari 2024.

Cek Fakta:

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Dikutip dari Sensus BPS, dari data tahun 2023 menunjukkan bahwa Perseorangan dan/atau beserta keluarganya yang melakukan usaha pertanian dengan penguasaan lahan pertanian kurang dari 0,5 hektar.

Sebagian besar petani di golongan ini umumnya hanya memiliki lahan seluas 0,2 hektar. Istilah "petani gurem" digunakan sebagai analogi untuk menggambarkan petani yang sangat kecil, hampir tidak terlihat, dan sering diabaikan.

Mantan Kadiv Hubinter Polri, Napoleon Bonaparte di Rumah Anies Baswedan

Timnas Amin Dibubarkan, Kok Ada Napoleon Bonaparte di Rumah Anies?

Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) menggelar acara halal bi halal di rumah pribadi Anies Baswedan kawasan Lebak Bulus, Jakarta S

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024