Mahfud soal Greenflation: Bukan Tak Mau Jawab, Tapi Dia Tak Ngerti Konsep

Debat Cawapres, Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengungkapkan alasannya tak menjawab dengan benar pertanyaan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka soal greenflation. Hal itu juga menjadi alasan Mahfud mengembalikan pertanyaan ke moderator debat.

Prabowo-Gibran Menang, Relawan: Program Harus Jalan dan Sampai ke Masyarakat

"Gini, saya bukan tidak mau menjawab dengan benar, tapi dia tidak mengerti konsep itu, sehingga dibilang lho kok lain. Saya bilang ke moderator udah lah kembalikan ke moderator saja," kata Mahfud MD usai debat cawapres di JCC Senayan, Jakarta, dikutip Senin, 22 Januari 2024.

Mahfud Nilai Pertanyaan Gibran Cuma Gimik

Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Debat Cawapres, Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

Ia pun menegaskan bahwa pertanyaan Gibran merupakan gimik yang tak perlu dilanjutkan. Mahfud mengaku sudah menjawab pertanyaan tersebut, namun Gibran merasa belum dijawab.

Andi Mallarangeng Ungkit Dahulu Ada Partai Pemerintah tapi Berperilaku Seperti Oposisi

"Ini gak bisa dilanjutkan debat begini, karena masalahnya sudah dijawab, lalu dibilang belum dijawab, kan itu hanya gimik saja," tegasnya.

Dalam segmen salah satu debat semalam, Mahfud MD dan Gibran terlibat friksi sehingga keluar kata receh. Bagi Mahfud, pertanyaan Wali Kota Solo itu tak layak dijawab.

Gibran awalnya menyinggung Mahfud dengan gerakan membungkukan kepala yang memperlihatkan ingin cari sesuatu. Dia merasa pertanyaan yang diajukan ke Mahfud tak dijawab sesuai konteksnya.

"Saya lagi nyari jawabannya. Prof Mahfud bisa nyari-nyari di mana ini jawabannya. Kok gak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau," kata Gibran menyindir Mahfud.

Menanggapi omongan Gibran, Mahfud pun menjawab. Dia menyebut pertanyaan Gibran itu sepertinya ngawur.

"Saya juga ingin mencari itu jawabannya. Ngawur juga itu. Ngarang-ngarang ndak karuan mengaitkan dengan sesuatu yang tidak ada, gitu ya," tutur Mahfud.

Bagi dia, jika di bidang akademis, pertanyaan Gibran itu receh. Maka itu, ia ogah menjawab pertanyaan dari putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Dia pun mengembalikan ke moderator debat dengan menyebut pertanyaan Gibran tak layak dijawab.

"Oleh sebab itu saya kembalikan saya ke moderator, ini tidak layak dijawab. Pertanyaan kayak gini ndak ada di jawabannya," ujar Mahfud.

Debat keempat semalam bertemakan terkait Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa. Ini kali kedua, para cawapres beradu gagasan dalam forum debat yang digelar KPU RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya