Peran Khofifah Penting bagi Peluang Kemenangan Prabowo-Gibran, Menurut Profesor BRIN

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU yang juga Ketua PBNU Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • NU

Jakarta - Peneliti senior dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Lili Romli mengatakan kehadiran Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa saat debat cawapres di JCC, Minggu malam, 21 Januari 2024, merupakan bentuk penegasan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

"Saya kira mereka hadir untuk mempertegas sebagai bagian dari tim paslon nomor urut 2," kata Lili dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 22 Januari 2024.

Menurut dia, Erick dan Khofifah akan memperkuat Prabowo-Gibran karena melihat rekam jejak keduanya, terlebih Khofifah juga sudah resmi bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Erick Thohir dukung Gibran dalam debat kedua Calon Wakil Presiden (Cawapres)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Dampak dengan bergabungnya Khofifah, tentu tidak bisa dinafikan karena dia sebagai Gubernur Jawa Timur dan Ketua Umum Muslimat NU (Nahdlatul Ulama)," ujarnya.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Lili mengemukakan bahwa pasangan calon nomor urut 1 dan 3 juga mencoba bekerja keras untuk menarik basis NU di Jawa Timur.

Ia memprediksi akan terjadi perang bintang dari masing-masing tokoh NU untuk memperebutkan basis massa di provinsi itu.

"Yang jelas, suara NU akan terbelah dan terpecah di antara ketiga paslon tersebut. Nanti siapa tokoh yang bisa meyakinkan massa NU, paslon itulah yang nanti mendapat dukungan yang signifikan," kata Lili.

Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Erick dan Khofifah tampak hadir di debat cawapres pada Minggu malam lalu. Keduanya kompak mengenakan jaket berwarna biru muda, khas pendukung Prabowo-Gibran.

Sebelum menyambangi lokasi debat, Erick sempat mendatangi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Minggu sore.

Kepada media, Erick menegaskan bahwa kehadirannya di Kertanegara adalah sebagai bentuk dukungannya bagi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. "Kita memilih pemimpin masa depan yang jelas untuk kita semua," kata Erick kepada wartawan.

Usai debat, Khofifah menilai penampilan Gibran Rakabuming Raka di debat keempat itu sangat berkualitas.

"Secara objektif saya melihat bahwa substansi yang disampaikan Mas Gibran sangat kualitatif, baik terkait dengan net zero emission dengan pangan maupun hilirisasi, saya rasa sangat kualitatif," kata Khofifah.

KPU RI menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya