Mahfud soal Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak dan Ikut Kampanye: Terserah!

Menkopolhukam yang juga Cawapres 03 Mahfud MD di kantornya.
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Yogyakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI yang juga calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD menanggapi pernyataan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut bahwa presiden hingga para menteri boleh berkampanye dan memihak dalam Pilpres

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Menurut Mahfud, itu adalah hak Jokowi bila ingin cawe-cawe dalam kontestasi pilpres ini. 

"Ya, enggak apa-apa kalau presiden mengatakan begitu, silakan aja. Mau ikut atau enggak, itu kan terserah," kata Mahfud usai menghadiri acara di Pondok Pesantren An-Nur di Bantul, Yogyakarta, Rabu, 24 Januari 2024. 

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Mahfud enggan mengomentari lebih lanjut terkait pernyataan Presiden Jokowi yang dinilai kontroversial itu sebagai kepala negara. Ia justru meminta untuk mengkonsultasikan hal ini kepada biro hukum sekretaris negara. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Nanti tanya ke biro hukum sekretaris negara aja (perihal aturan hukumnya)," pungkasnya. 

Kemudian, ia berkelakar bahwa pernyataan tersebut tak membuat gaduh situasi pemilu saat ini. "(Apakah memperkeruh suasana pemilu?) Ndak, kalau saya nggak keruh tuh. Malah sejuk ini di sini," kata Mahfud sembari tertawa. 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut seorang presiden dapat memihak bahkan ikut berkampanye dalam pemilihan presiden atau pilpres. Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan selama tidak menyalahgunakan fasilitas negara. 

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di tengah pertanyaan publik soal netralitas presiden di Pilpres 2024. 

"Presiden itu boleh kampanye. Boleh memihak. Kita ini kan pejabat publik, sekaligus pejabat politik. Masa ini (kampanye dan memihak) enggak boleh," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 24 Januari 2024. 

Meski menyatakan dapat memihak dan berkampanye, sampai sekarang Jokowi tak pernah secara gamblang menyatakan dukungannya untuk salah satu pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Namun, Jokowi beberapa kali menampilkan kecondongannya mendukung Prabowo-Gibran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya