Tim Hukum AMIN Sebut Presiden Jokowi Tak Punya Moral dan Etik

Pengukuhan Tim Hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Se-Sulawesi di Makassar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Makassar - Ketua dewan penasihat tim hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Dr. Hamdan Zoelva menyebut Presiden Jokowi telah memberi contoh buruk Pemilu di Indonesia. Dan dia dinilai tak punya moral dan etik.

Pernyataan tersebut disampaikan Dr. Hamdan Zoelva saat pengukuhan tim hukum AMIN se-Sulawesi Selatan di Kota Makassar, pada Rabu 24 Januari 2024.

"Presiden harus menjaga moral dan etik. Karena moral dan etik itu berada di atas hukum dan merupakan fondasi legitimasi hukum," ungkap Hamdan.

Hamdan merespons pernyataan Jokowi yang menyatakan bahwa tidak ada larangan presiden untuk menjadi tim kampanye, berkampanye dan memihak di Pemilu 2024.

Kata dia, memang betul tidak ada Undang-Undang yang melarang. Namun Presiden yang mengakhiri jabatannya yang tidak menjadi pasangan calon dia harus menjaga moral dan etik.

"Hukum yang tidak memiliki landasan etik dan moral adalah hukum yang bisa dipermainkan oleh siapa saja dan hukum yang sangat lemah untuk ditaati," tutur Hamdan.

Menurut Hamdan, Presiden Jokowi mewarisi suatu sikap. Bukan sikap seorang presiden sebagai seorang negarawan dan tidak mematuhi sumpahnya dalam pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD)," jelas Hamdan.

Padahal kata dia, seorang presiden itu sudah bersumpah akan menjalankan Undang-Undang Dasar dan segala peraturan-peraturannya, dengan sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya berbakti kepada bangsa dan negara.

"Itulah sumpah presiden. Dia tidak boleh bersikap tidak adil terhadap kontestan Pemilu," tegasnya memungkasi.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa presiden boleh kampanye dan memihak dalam Pilpres dengan tidak menggunakan fasilitas negara.

Sekjen Partai Gelora, Mahfuz Sidik (kiri) Bersama Anis Matta

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Partai Gelora, menyindir langkah politik Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Sindiran ini, menyangkut apakah PKS membuka peluang mereka masuk bergabung di Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024