Survei Point Indonesia: Gerindra Geser Dominasi PDIP, Raih 22,3%

Prabowo Subianto di acara Konsolidasi Nasional Partai Gerindra
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Lembaga survei Point Indonesia mengungkap dalam survei terbarunya bahwa Partai Gerindra berhasil menggeser PDIP yang dalam 10 tahun terakhir mendominasi sebagai partai yang paling dipilih.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

CEO Point Indonesia, Karel H Susetyo menjelaskan, perolehan suara PDIP cenderung menyusut sedangkan partai politik (parpol) lainnya cenderung menyerupai hasil suara Pemilu 2019. 

“Gerindra mendapatkan 22,3%; PDIP 14,9%; Golkar 11,3%; Nasdem 8,1%; dan Demokrat 7,8%,” kata Karel pada Rabu, 31 Januari 2024.

Gerindra Sebut Daftar Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Terungkap Mendekati Oktober 2024

Rakornas Partai Gerindra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dari hasil survey ini, lanjut Karel, beberapa partai politik tidak lolos ambang batas parlemen termasuk PPP. Sementara itu, partai-partai seperti PBB, Hanura, PSI, Perindo, dan Garuda yang telah beberapa kali dan pernah menjadi peserta pemilu masih belum berhasil memenuhi ambang batas parlemen.

Usai Dipecat PDIP, Gibran Ngaku Sudah Siapkan Perahu: Tenang Aja Ya

Di sisi lain, partai-partai yang baru menjadi peserta Pemilu 2024 ini seperti Gelora, Ummat, Buruh dan PKN pun dinilai sulit untuk menembus ambang batas parlemen. 

Ketua Partai Gerindra Kota Semarang Heri Pudyatmoko (tengah), didampingi jajaran pimpinan Partai Gerindra saat membuka Rapat Pimpinan Cabang di Semarang, Selasa, 10 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Zuhdiar Laeis

“Peluang masih terbuka mengingat masih cukup tingginya swing voters dan undecided voters. Parpol yang paling berpeluang untuk memenuhi ambang batas 4% diantaranya PPP, PSI, Perindo, PBB dan Gelora,” unkap Karel.

Point Indonesia mengambil sampling pada 1.500 responden dengan margin of error +- 2,53%. 

Sedangkan teknik pengumpulan data melalui tele survey random digit dialing pada periode survei 26-28 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya