Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, Cak Imin Pertanyakan Soliditas Kabinet Jokowi

Muhaimin Iskandar saat debat keempat Pemilu Presiden 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD membuat heboh dengan rencana mundur dari posisi Menko Polhukam. Manuver Mahfud jadi sorotan dari rival politik.

TKN Dukung Prabowo-Gibran Libatkan Mantan Presiden untuk Susun Kabinet

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mempertanyakan soliditas Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo pasca Mahfud mundur.

“Ini tentu harus jadi perhatian kita semua untuk mengambil hikmah dari peristiwa ini. Artinya kesolidan dipertanyakan,” kata Cak Imin di Pondok Pesantren Gunung Sari, Pamekasan, Madura, Rabu, 31 Januari 2024.

Tinjau Pasar di NTB, Jokowi: Harga Cabai Rawit hingga Bawang Merah Turun

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa

Diketahui, PKB yang dipimpin oleh Cak Imin saat ini menempatkan tiga kadernya sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi Nonton Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Kamar: Menang InsyaAllah

Ketiganya adalah, Menaker Ida Fauziyah; Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar; dan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Meski demikian, Imin mengaku tak mendengar kabar soal ketidaknyamanan para menteri di Kabinet Indonesia Maju. “Saya enggak pernah dengar. Belum pernah dengar,” lanjut Imin.

Dia juga mengaku tak pernah mengerahkan tiga menterinya untuk keluar atau bertahan di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. “Saya serahkan (semua keputusan) kepada mereka,” kata Imin.

Figur Mahfud MD tengah jadi perhatian karena blak-blakan menyatakan bakal mundur dari jabatan Menko Polhukam. Langkah eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu disampaikan melalui akun Instagram @mohmahfudmd.

Mahfud mengaku sudah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi.

“Saya sudah membawa surat (pengunduran diri) untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik,” kata Mahfud di Pura Walandano, Lampung Tengah, Rabu, 31 Januari 2024.

Mahfud mengatakan surat pengunduran diri itu akan diserahkan saat bertemu langsung dengan Jokowi. Dia bilang, Jokowi saat ini masih berada di luar Jakarta hingga Kamis, 1 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya