Bersama Siti Atikoh Resmikan Puskestren, Hary Tanoe: Santri Harus Sehat Fisik juga Rohani

Hary Tanoesoedibjo, Liliana Tanoesoedibjo dan Siti Atikoh
Sumber :
  • Perindo

Jakarta – Pusat Kesehatan Pesantren atau Puskestren Partai Perindo di Kabupaten Cirebon Jawa Barat, diresmikan. Ada dua Puskestran yang diresmikan oleh Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Adapun yang diresmikan oleh Hary Tanoesoedibjo adalah yang berada di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) KHAS Kempek, Kecamatan Gempol dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Ponpes Buntet, Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Pertanda diresmikan, dengan pemotongan pita oleh Hary Tanoe. Selain untuk pusat kesehatan masyarakat pesantren, juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Siti Atikoh Suprianti, yang merupakan istri dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, ikut hadir. Seperti diketahui, Perindo adalah salah satu partai pengusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. 

Selain Atikoh, juga hadir Ketua Umum DPP Kartini Perindo dan caleg DPR RI Dapil Jakarta 2, Liliana Tanoesoedibjo serta pengasuh Ponpes KHAS Kempek, Kyai Muh Musthofa Aqil Siroj.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Sedangkan, pada peresmian Puskestren Partai Perindo di YLPI Ponpes Buntet turut dihadiri Kyai Ponpes Buntet KH Moh Farid MZ.  

Dijelaskan Hary Tanoe, Puskestren tersebut bernaung dibawah yayasan Wawasan Kebangsaan Nusantara (Wasantara) yang didirikan oleh dirinya bersama KH Said Aqil Siroj. Tujuannya memang memberikan perhatian khusus terkait kesehatan kepada para santri dan warga sekitar ponpes.

Lebih lanjut Hary Tanoe mengatakan, Puskestren ini sebagai bagian tanggung jawab Partai Perindo dalam upaya memberikan fasilitas dan akses kesehatan bagi masyarakat khususnya di lingkungan pesantren.

"Ini merupakan bagian dari kerja pelayanan yang kami lakukan kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren," ujar Hary Tanoe, dikutip Kamis 1 Februari 2024.

Nantinya ini akan menjadi klinik berjalan. Tempat kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat khususnya keluarga besar Pondok Pesantren KHAS Kempek.

"Warga pesantren harus sehat fisiknya, sehat mentalnya, dan sehat rohaninya. Harapan saya ini akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya di Pondok Pesantren Kempek," kata Hary Tanoe.

Perindo jelas dia, adalah partai yang punya visi peduli rakyat kecil, gigih berjuang, untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera, juga punya visi misi dalam memberantas kemiskinan.

"Tentu Pak Ganjar apabila terpilih maka Presiden akan membangun puskesmas di seluruh desa di Indonesia. Saya rasa penting. Ke depan itu kesehatan, pendidikan itu sangat penting, supaya masyarakat kita bisa sehat dan produktif," katanya.

Puskestren untuk warga pesantren di Cirebon juga dilengkapi fasilitas kesehatan yang sangat lengkap dan bisa diandalkan, kata Hary Tanoe.

Puskestren lebih nyaman karena diserta air conditioner atau AC. Sehingga pasien dan petugas lebih nyaman memberikan pelayanan kesehatan

"Ada tiga ruangan. Dua ruangan itu untuk rawat inap dan satu ruangan sebagai konsultasi pemeriksaan oleh dokter. Ada AC dan sebagainya. Ini merupakan layanan yang kami lakukan kepada masyarakat, khususnya lingkungan pesantren di daerah-daerah. Harapannya bisa bermanfaat," jelasnya.

Sementara itu, Siti Atikoh mengapresiasi langkah Hary Tanoe dan Partai Perindo yang memberikan fasilitas kesehatan berupa Puskestren bagi ponpes di Cirebon. 

Sebab fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Tentu juga ini untuk warga pesantren. Dengan begitu, pertolongan pertama kesehatan itu bisa langsung tertangani dengan cepat.

"Saya sangat mengapresiasi. Tentu ini sangat sejalan dengan programnya Ganjar-Mahfud. Di mana fasilitas kesehatan itu harus benar-benar dirasakan masyarakat," ujar Siti Atikoh di YLPI Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.

Menurutnya, menjaga kesehatan harus dilakukan sejak dari dalam kandungan dan harus disosialisasikan program pencegahan stunting sejak anak-anak usia remaja.

"Dari sisi mental, kesehatan mental juga sangat penting agar mereka itu bisa bahagia. Bisa belajar dengan konsentrasi dan bagaimana berempati dengan teman-teman," jelasnya.

Salah satu warga dari Sidamulya, Kecamatan Astanajapura Cirebon, Afifah, merasa terbantu dengan adanya Puskestren dari Partai Perindo ini.

“Adanya Puskestren ini sangat membantu kami sebagai warga, jadi kalau berobat dekat. Sebelumnya, berobat di Puskesmas cukup jauh, “ katanya.

Sementara itu, KH Moh Farid MZ mengungkapkan diresmikannya Puskestren ini untuk membantu pelayanan kepada masyarakat sekitar.

“Keberadaan Puskestren ini sifatnya permanen, tidak hanya sebelum pemilu saja, tapi usai pemilu ini selesai, puskestren ini akan terus beroperasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya