Ganjar Ungkap Strategi Industri Teknologi di Indonesia agar Bisa Berkembang

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan strategi agar industri teknologi Indonesia bisa berkembang. Hal itu dikemukakan Ganjar saat debat kelima capres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Minggu, 4 Februari 2024.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Menurutnya, pabrik gadget salah satunya yang ada di Semarang, Jawa Tengah. "Kita punya industri swasta untuk gadget, pabriknya ada di Semarang, harganya terjangkau lebih murah, kalau itu bisa masuk e katalog kita, sebenarnya bisa membantu dia, atau kedua kita bisa menugaskan pada PT LEN kalau tidak salah dulu pernah dibuat ini, satu komputer satu laptop seharga Rp1 juta," kata Ganjar.

Ganjar juga mendorong pemerintah untuk memerintahkan PT LEN menggandeng perusahaan swasta dalam mengembangkan teknologi. "Tanpa penugasan dari pemerintah, maka tidak pernah selesai, kalau tidak, pilihannya adalah bergandengan tangan dengan industri yang ada di luar dengan brand-brand yang internasional tapi pabriknya di Indonesia," ujarnya.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, India juga pernah melakukan hal yang sama sehingga industri teknologi di India bisa maju.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

"Sehingga apa? Transformasi pengetahuannya, teknologinya, semua akan bisa dilakukan dan ktia kan mendapatkan nilai tambah, gen kita akan ditambahkan di situ dan kita bisa melakukan tindakan-tindakan untuk mencapai kemandirian. Sehingga, kelak kita tidak terlalu bergantung," tuturnya.

Diketahui, debat kelima Pilpres 2024 mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya