Debat Capres 2024

Cek Fakta: Prabowo Klaim Gerindra Dorong UU Disabilitas

Prabowo Subianto, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji akan terus berjuang untuk para disabilitas. Pasalnya, sejak pertama ia menjadi Ketua Umum Gerindra sudah fokus dan mendorong disabilitas untuk berkarya. Bahkan, telah mendorong Undang-Undang tentang Disabilitas.

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

“Masalah ini sangat penting dan saya sendiri sudah sejak awal berjuang di bidang politik sebagai ketua umum Gerindra. Kami yang mensponsori undang-undang disabilitas. Kami termasuk yang mendorong lolos di DPR. Jadi kami berkomitmen bahwa kita harus memberi pendidikan khusus untuk mereka (disabilitas), membantu, saya juga mengirim tim-tim olahraga olimpiade disabilitas, sepakbola disabilitas dan sebagainya,” kata Prabowo di JCC, Minggu, 4 Februari 2024.

Cek Fakta:

Irak Sahkan UU Anti LGBT, Melanggar Bisa Dipenjara 15 Tahun

Dikutip dari Antara, Prabowo Subianto dan Partai Gerindra telah memperjuangkan undang-undang (UU) disabilitas sejak tahun 2014. Dua tahun berselang, UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas disahkan. 

Pada 14 September 2023, Gerindra meraih penghargaan pelayanan informasi publik ramah disabilitas dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan menjadi satu-satunya partai politik yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Penghargaan itu diterima Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Partai Gerindra Danang Wicaksana Sulistya dan Sekretaris PPID Partai Gerindra Satrio Dimas di Jakarta, Kamis, 14 September 2023.

“Alhamdulillah hari ini Gerindra menjadi salah satu lembaga publik dan satu-satunya partai politik yang mendapatkan penghargaan ramah disabilitas dalam melaksanakan pelayanan informasi kepada masyarakat,” kata Danang dalam keterangan tertulisnya.

Danang mengatakan penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi Partai Gerindra untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan informasi publik secara profesional dan terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya