5 Fakta Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina untuk Dukung Ganjar-Mahfud MD

Ahok mundur dari jabatan Komisaris Utama Pertamina.
Sumber :
  • Instagram

Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok mengumumkan pengunduran diri sebagai Komisaris Utama Pertamina. Hal tersebut ia sampaikan kepada publik pada Jumat 2 Februari 2024 lalu.

Erick Thohir ke Pemain Timnas Indonesia: Fight Back, Kita Nggak Bisa Diinjek-injek

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," kata Ahok dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, @basukibtp.

Berikut beberapa fakta menarik Ahok memutuskan mundur dari Komisaris Utama Pertamina:

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

1. Alasan Ahok Mundur

Ahok.

Photo :
  • Zendy Pradana/ VIVA.
Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Ahok memaparkan alasan dirinya mundur dari Komisaris Utama Pertamina. Ia akan turut serta dan mendukung dalam kampanye calon presiden nomor urut 3 yaitu Ganjar-Mahfud Md.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," ujar Ahok.

2. Ahok Tegaskan Dukung Ganjar-Mahfud MD

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

Photo :
  • Dokumentasi Reuni Akbar Hip Hip Hura

Dalam beberapa pernyataannya, Ahok dengan tegas mendukung pasangan Ganjar-Mahfud MD. Hal tersebut terbukti, bahwa dirinya datang ke Konser Salam Mental di Gelora Bung Karno pada Sabtu lalu.

"Iya, saya kira ini kesempatan saya seumur hidup ya. Bahwa kalau kita tidak memperjuangkan Mas Ganjar, kita akan menyesal seumur hidup nanti," kata Ahok, di Stadion GBK, dikutip Minggu, 4 Februari 2024.

3. Kata Erick Thohir

Tsamara Amany yang sekarang merupakan Staf khusus (stafsus) Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan bahwa Erick Thohir akan berkampanye menangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Menteri BUMN, Erick Thohir angkat bicara mengenai mundurnya Ahok dari Komisaris Utama Pertama. Erick menuturkan bahwa dirinya sudah melakukan komunikasi dengan Ahok dan itu merupakan bagian dari demokrasi.

"Ya Pak Ahok kontak saya bahwa beliau ingin bergabung ke tentu Ganjar-Mahfud itu pilihan. Kan kita negara demokrasi," kata Erick ditanyai awak media, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 Februari 2024.

4. Tanggapan Nusron Wahid

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid

Photo :
  • Dok.Istimewa

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid menanggapi santai peristiwa mundurnya Ahok dari Komisaris Utama Pertamina untuk ikut mengkampanyekan Paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud Md.

“Bagi saya, mundurnya Ahok jadi Komut Pertamina itu hal biasa. Bukan peristiwa politik, tapi peristiwa bisnis. Kalau Ahok akhirnya mundur untuk berkampanye, ya wajar karena dia memang politisi, anggota parpol.” jelas Nusron kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 3 Februari 2024.

5. Keputusan Ahok

Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengikuti Senam Cinta Tanah Air (Sicita) bersama lebih kurang 3.000 ibu rumah tangga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat, 2 Februari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengungkapkan Ahok mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Utama Pertamina berdasarkan keputusannya sendiri dan tidak ada hubunganya dengan Megawati.

"Nggak (komunikasi), itu keputusan pak Ahok sendiri melihat suasana situasi yang akhir-akhir ini kok semakin tidak kondusif," kata Puan kepada wartawan di GBK, dikutip Minggu, 4 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya