Projo Cabut Laporan Disuruh Jokowi, Butet: Kasus Lain Korban Prank Juga Harus Dibebaskan

Seniman dan budayawan Butet kartaredjasa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Jakarta - Budayawan Butet Kartaredjasa menyambut baik langkah organisasi relawan Pro Jokowi atau Projo yang mencabut laporan polisi terhadapnya. Langkah itu karena perintah Presiden Jokowi.

Jokowi Teken UU Daerah Khusus Jakarta

Butet menyampaikan terima kasih kepada Ketua Projo yang juga Menkominfo Budi Arie Setiadi karena dengan mencabut laporan hukum itu sama dengan mengurangi beban kerja polisi. Dia juga menyinggung karena instruksi Jokowi juga bisa mengingatkan barisan relawan pendukungnya.

“Itu cara Pak Jokowi untuk mengingatkan para relawan agar tidak sibuk mencari muka dan jadi penjilat. Harusnya bukan hanya saya saja yang laporannya dicabut , tapi semua yang berusaha menegakkan konstitusi dan demokrasi yang jadi korban ‘prank’-nya Pak Jokowi itu harusnya dibebaskan,” kata Butet dalam konferensi pers secara virtual di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Cemara, Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi (kanan).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Butet melanjutkan, para guru besar yang mengingatkan Jokowi itu juga karena cinta. Maka itu, ia  mengingatkan bahwa mengkritik itu tanda cinta.  

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

“Tapi, kalau Pak Jokowi tetap ‘kekeuh’ mengkhianati konstitusi dan tidak tunduk pada demokrasi, saya mohon maaf. Secara manusia, kita tetap berteman. Tapi, secara posisi Bapak berseberangan dengan kami,” tegasnya.

Butet menyatakan secara konsisten, dia tak akan mencabut pernyataan yang sudah ada. “Karena saya (mengatakan) dengan sadar, (dengan) sehat kok,” kata dia.

Sebagai informasi, pentolan Projo, Budi Arie Setiadi meminta jajaran organisasi yang dipimpinnya dan sesama relawan pendukung Jokowi lainnya untuk mencabut pelaporan terhadap Butet di Polda DIY. Budi menyebut hal ini merupakan perintah langsung dari Jokowi.

"Bapak Presiden Jokowi meminta agar Projo atau relawan Jokowi untuk mencabut pelaporan Pak Butet ke polisi," ujar Budi kepada wartawan, Senin, 5 Februari 2024.

Budi Arie mengatakan, Jokowi berpesan agar relawannya tak membuat keramaian di publik. Ia menyebut Jokowi yang dianggap dihina malah tak mengambil proses hukum. Padahal, menurut dia, pasal itu berlaku delik aduan.

"Kata Bapak Presiden, jangan bikin ramai di publik. Pak Presiden Jokowi yang jadi sasaran omongan Pak Butet saja, tidak mengadukan ke polisi kok. Lagi pula ini delik aduan," tutur Budi.

Budi menuturkan, Jokowi menganggap Butet sebagai seorang kawan. Dia punminta agar para relawan Jokowi bisa jaga suasana yang kondusif.

"Apalagi, kata Pak Presiden Jokowi kalau Pak Butet itu kan kawan kita sendiri. Jadi kita bangun suasana kondusif dan persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa," ujar Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya