LSN: Prabowo-Gibran Tak Tergoyahkan, Anies-Cak Imin Stagnan, Ganjar-Mahfud Merosot

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Hasil survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) menjabarkan tentang perkembangan elektabilitas masing-masing pasangan capres-cawapres serta partai politik pada akhir masa kampanye.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN) Gema Nusantara Bakry mengungkapkan, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tembus 51,9 persen, melampaui jauh elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 24,3 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 18,7 persen.

"Dengan kondisi seperti ini, Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 hampir pasti akan berlangsung dalam satu putaran saja," kata Gema dalam telekonferensi pers 'Rilis Survei LSN Terbaru' di Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2024.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Kampanye Akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di JIS

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia menjelaskan, dengan tingginya elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran, menurutnya, itu dipastikan tidak akan mampu tergoyahkan lagi.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

"Berdasarkan hasil survei LSN, untuk elektabilitas paslon presiden dan wakil presiden, posisi Prabowo-Gibran di posisi teratas hampir pasti tak tergoyahkan lagi," ujarnya.

Dia melaporkan, ketika LSN mengajukan pertanyaan kepada responden, 'Seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini, maka paslon mana yang dipilih?', ternyata sebanyak 51,9 persen responden menjatuhkan pilihan kepada Prabowo-Gibran. 

Kemudian, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dipilih oleh 24,3 persen responden, dan pasangan Ganjar-Mahfud MD didukung oleh 18,7 persen. Sementara itu sebanyak 5,1 persen responden mengaku belum bisa memutuskan pilih paslon mana (undecided).

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

"Dengan demikian, pasangan Prabowo-Gibran mengalami perkembangan yang sangat progresif, dimana dalam waktu sebulan elektabilitas pasangan itu bertambah 2,4 persen, yakni dari 49,5 persen di survei LSN Januari 2024, menjadi 51,9 persen di survei LSN Februari ini," kata Gema.

"Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin memperlihatkan performance yang stagnan di angka 24 persenan, sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud MD cenderung terus merosot," ujarnya.

Pada survei LSN November 2023, elektabilitas Ganjar-Mahfud masih 28,8 persen dan berada di posisi kedua. Kemudian pada survei LSN Januari 2024 anjlok menjadi 20,5 persen, dan di bulan Februari saat Pilpres tinggal hitungan hari tingkat keterpilihan pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu turun lagi menjadi 18,7 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya