Politikus PDIP: Anak Muda Harus Jaga Pemilu Damai demi Tegaknya Konstitusi

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Paramitha Widya Kusuma
Sumber :
  • Istimew

Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Paramitha Widya Kusuma mengatakan anak muda khususnya, dan seluruh masyarakat harus sama-sama mengawal jalannya pesta demokrasi melalui Pemilu 2024 supaya lancar dan kondusif.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Anak muda, kata dia, sebagai generasi penerus bangsa harus komitmen mengedepankan persatuan dan menjaga konstitusi.

“Kita semua, khususnya yang muda ini mestinya memiliki komitmen untuk menegakkan praktik-praktik berdemokrasi yang baik, mengedepankan persatuan dan menjaga konstitusi,” kata Paramitha melalui keterangannya pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Ketua DPP Taruna Merah Putih ini mengatakan kontestasi Pemilu 2024 harus dijadikan momentum memperkuat konsolidasi demokrasi. Makanya, ia menyambut baik adanya Forum Pemuda Penjaga Demokrasi (FPPD) untuk menjaga konstitusi dan pemilu damai 2024.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Paramitha Widya Kusuma

Photo :
  • Istimew
Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

“Gerakan-gerakan seperti ini saya kira menjadi wujud nyata partisipatif aktif warga negara dalam berpolitik. Ini sinyal bagus untuk menguatkan pondasi demokrasi kita,” jelas Sekretaris Bidang Ekonomi, Koperasi dan UMKM DPP PA GMNI.

Sementara Inisiator Forum Pemuda Penjaga Demokrasi (FPPD), Ahdiyat Bagus Nugraha menjelaskan hasil kajian Pusat Penelitian Politik LIPI, demokrasi di Indonesia akan matang tahun 2034. 

Proyeksi tersebut, kata dia, akan tercapai jika Indonesia dapat melalui 7 kali pemilu berturut-turut secara demokratis.

“Sehingga di Pemilu 2029, konsolidasi demokrasi dianggap tuntas. Di 2034, demokrasi di Indonesia akan matang. Demokrasi yang matang ini berkelindan dengan pencapaian Indonesia Emas di tahun 2045,” kata Bagus.

Adapun, Bagus menyebut Pemilu 2024 merupakan pemilihan umum ke-6 dari proyeksi tersebut. Sehingga, kata dia, harus tetap dijaga prinsip-prinsip demokrasinya. Terutama, lanjut dia, aparatur pemerintah harus bersikap netral pada Pemilu 2024.

"Pemilu 2024 harus tetap kita jaga prinsip2 demokrasinya. Jangan sampai ada pihak-pihak yang mestinya netral, tapi kemudian berpihak dengan melakukan tindakan-tindakan yang mengganggu hak warga negara dalam memilih di Pemilu 2024,” ungkapnya.

Diketahui, ratusan aktivis mahasiswa dan pemuda dari berbagai kampus dan organisasi di Jawa Tengah menghadiri Kopi Darat Forum Pemuda Penjaga Demokrasi di Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan bertajuk Kawal Demokrasi dan Kawal Pemilu 2024 ini dihadiri berbagai elemen organisasi dan aktivis mahasiswa dari beberapa universitas yang ada di Brebes, Tegal, Semarang dan perwakilan dari UIN Jakarta yang dikoordinasikan oleh Forum Pemuda Penjaga Demokrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya