Masyarakat Diingatkan Tak Tergoda Money Politics pada Detik-detik Pencoblosan

Muhammad Reza Alkhawarismi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

Bekasi – Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi mencalonkan hampir 50 persen 50 calon legislatif (caleg) di 5 Dapil untuk DPRD Kota Bekasi yang berasal dari Generasi Milenial dan Generasi Z.

PAN Kota Bekasi memberikan ruang dan kesempatan untuk berkontestasi kepada kaum muda untuk dapat mengabdi dan berkarya di masyarakat. Salah satu caleg yang mewakili generasi milenial adalah Muhammad Reza Alkhawarismi, seorang pengusaha di industri keuangan, legal, media, dan ketenagakerjaan, melalui perusahaan holding company Alkhawarismi Group.

Pemuda yang baru menginjak usia 30 tahun ini dari kecil hingga dewasa tinggal dan menempuh jenjang pendidikan dari SD sampai SMA di Kota Bekasi. Menurutnya, sudah saatnya mengabdi dan kembali kepada masyarakat untuk kemajuan Kota Bekasi.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Ketika menjalankan bisnis, manfaat keuntungan yang dihasilkan hanya untuk perusahaan, pribadi, dan karyawan yang jumlahnya terbatas. Namun berbeda di dunia politik, jika saya diberikan amanah untuk menjadi wakil rakyat, saya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang lebih luas, dengan membuat kebijakan-kebijakan daerah yang berpihak kepada masyarakat berdasarkan kompetensi yang saya miliki,” kata Reza yang menjadi salah satu alasannya maju berkontestasi di di Pileg 2024, yang mendapatkan nomor urut 11 dari PAN untuk DPRD Kota Bekasi, Dapil 3 - Kecamatan Bantargebang, Rawalumbu, dan Mustikajaya.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya


Sudah ribuan UMKM di Indonesia yang dibantu untuk naik kelas melalui perusahaannya, dari sisi pendampingan legal, promosi di media, pencatatan keuangan dan laporan perpajakan, serta bantuan investasi dan pembiayaan untuk usaha-usaha mereka. Selain itu, perusahaannya juga sudah banyak membantu ribuan orang untuk mendapatkan pekerjaan, dengan memberikan pendidikan, pelatihan, dan penempatan kerja di perusahaan swasta di berbagai kota, seperti di Bekasi, Bogor, dan Jakarta. Berdasarkan pengalaman tersebut, Reza sebagai perwakilan milenial sangat paham terkait dengan tantangan dan masalah masa kini.

“Saya sangat concern terhadap masalah di generasi muda. Saat bertemu masyarakat di Dapil, mayoritas dari mereka berkeluh kesah terkait susahnya mencari pekerjaan pasca-Covid. Banyak anak muda yang masih menganggur dan sulit mendapatkan pekerjaan, karena keterbatasan tingkat pendidikan, keahlian, dan pengalaman. Efek domino ini dikhawatirkan dapat menimbulkan tindak kriminal, karena menyangkut terkait masalah ekonomi,” ujar Sarjana Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran tersebut.

Untuk menjawab masalah tersebut, Reza menjalankan beberapa program saat kampanye, yaitu pemberian modal bisnis gratis berupa produk seperti frozen food dan sistem PPOB kepada anak muda atau keluarga yang ingin mencari pendapatan melalui wirausaha. Selain itu bantuan legalitas usaha untuk UMKM yang telah berjalan, seperti NIB, Halal, dan PIRT. Reza juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan untuk siswa-siswa terpilih di SMP dan SMK di Dapilnya. Program lain seperti bantuan sembako murah pun seperti minyak, gula, dan beras pun dia jalankan untuk membantu kebutuhan dapur masyarakat.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


“Tim kita turun ke lapangan dan mendata kebutuhan masyarakat, apakah ingin usaha atau bekerja. Untuk yang mau usaha, kita berikan alat pancing ke mereka, sehingga mereka bisa mandiri mencari ikannya. Namun beberapa orang juga ingin bekerja, kita juga membantu mereka untuk disalurkan kepada beberapa perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan keahliannya. Program yang saya buat saat kampanye tidak sekedar omong kosong janji belaka, namun langsung tim kita eksekusi karena sesuai dengan kompetensi yang selama ini kita lakukan di perusahaan,” ujar Reza, yang menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum BPD Hipmi Jawa Barat.

Reza berharap dapat diberikan amanah oleh masyarakat di daerah Bantargebang, Rawalumbu, dan Mustikajaya untuk menjadi wakil mereka di legislatif Kota Bekasi pada pemilu 14 Februari 2024 nanti, sehingga dia bisa berbuat banyak dan lebih dari program yang dia jalankan saat kampanye. Sesuai dengan motonya saat kampanye, “Milenial TerdePAN, Penuh HaraPAN, Membawa Perubahan untuk Kota Bekasi MaPAN”, yang memiliki arti bahwa sudah saatnya harapan terhadap perubahan untuk kesejahteraan Kota Bekasi berada di pundaknya yang mewakili generasi milenial.

“Saya berharap semoga masyarakat di Kota Bekasi dapat menentukan pilihan yang tepat, dan memberikan amanah tersebut ke saya, dan tidak tergoda oleh money politics di detik-detik akhir mendekati waktu pencoblosan. Sebab, suara mereka akan menentukan kehidupan dan kemajuan Kota Bekasi. Jika saya terpilih menjadi wakil mereka, saya berkomitmen akan menghibahkan seluruh gaji dewan selama 5 tahun untuk kebutuhan masyarakat guna kesejahteraan konstituen,” ujar Reza dengan optimis.

Bernalar Berdaya

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Isu penting yang dihadapi anak muda saat ini, termasuk cita-cita dan masa depan, konsistensi dalam mencapai tujuan, pembangunan support system yang efektif.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024