Prabowo-Gibran Pasangan Paling Populer di TikTok pada Hari H Pemilu

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam debat kelima Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih popularitas tertinggi berdasarkan jumlah postingan dan penayangan di media sosial TikTok.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Direktur Strategi Puspenpol Adrian Zakhary menjelaskan Prabowo-Gibran tampil sebagai pemenang dengan perolehan 55,26 persen di TikTok. Disusul Ganjar-Mahfud nomor urut 03 dengan perolehan 22,07 persen, dan Anies-Muhaimin nomor urut 01 diurutan terakhir dengan perolehan 18,67 persen.

Kemudian, Prabowo menjadi calon presiden paling populer jika dikelompokkan berdasarkan calon presiden dan calon wakil presiden. Prabowo Subianto telah mengumpulkan 1,4 juta postingan dan 26,2 miliar penayangan di TikTok.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Disusul dengan 1,1 juta postingan dan total views 19,9 miliar oleh Ganjar Pranowo. Sementara Anies Baswedan berada di peringkat terakhir dengan total 592,8 ribu postingan dan 13,9 miliar views.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Adrian menyebut Gibran juga tak kalah bersaing dengan calon wakil presiden lainnya. Gibran Rakabuming menduduki posisi teratas dengan 14,4 miliar views dan 734,5 ribu postingan secara keseluruhan. 

Mahfud MD berada di posisi kedua dengan 270,3 ribu postingan dan 4 miliar views secara keseluruhan. Posisi ketiga ditempati Muhaimin Iskandar yang total memiliki 160,3 ribu postingan dan 3,1 miliar views.

Adrian mengatakan analisis tersebut dilakukan guna mengevaluasi banyak model algoritma TikTok yang menjadi dasar kontestasi Pemilu 2024.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kami di Puspenpol, mencoba sejumlah model algoritma TikTok melalui riset dan analisa untuk kontestasi Pemilihan Umum 2024. Kami membedah menjadi dua jenis akun yaitu Akun Resmi (Official Account/OA) dan Akun Proxy (Non-OA, Fanbase). Dari hasil penelitian kami, terbukti Model Algoritma TikTok pada Akun Proxy yang dibangun dengan model UGC (User-Generated Content) menjadi rujukan politik dan menimbulkan efek contagious (getok tular)," kata Adrian Zakhary dal keterangannya, Rabu, 14 Februari 2024.

Adrian menyebut kepopuleran Prabowo-Gibran di TikTok mencerminkan bagaimana media sosial menjadi arena penting dalam politik kontemporer, terutama di kalangan pemilih muda

"Fenomena ini tidak hanya menunjukkan kecenderungan generasi muda terhadap konten yang menarik dan interaktif, tapi juga menegaskan bahwa Prabowo-Gibran berhasil menarik perhatian dan solidaritas dari pengguna TikTok," ucap dia.

Dengan pendekatan yang lebih segar dan relatable, lanjut dia, pasangan ini tampaknya memahami betul bagaimana berkomunikasi efektif dengan audiens digital, sehingga berhasil membangun basis dukungan yang kuat di antara pemilih muda.

"Kehadiran mereka di platform ini bukan sekadar tentang jumlah views atau likes, melainkan tentang membangun koneksi dan menyampaikan pesan kampanye mereka dengan cara yang resonan dengan aspirasi generasi muda," katanya.

"Ini menunjukkan pentingnya adaptasi strategi kampanye politik untuk merangkul dinamika baru dalam komunikasi politik era digital," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya