Politikus PDIP: Kita harus Bangun Masyarakat Melalui Budaya Politik yang Baik

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tahapan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilu 2024 sudah digelar pada Rabu hari ini. Pencoblosan pemilu diharapkan jadi proses budaya politik yang baik.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Ellfonda Mekel alias Once Mekel menuturkan masyarakat mesti dididik untuk memiliki budaya politik yang baik. Bagi caleg DPR RI dari PDIP itu menuturkan budaya politik itu bisa melalui pemilu.

"Kita harus bangun masyarakat melalui budaya politik yang baik.  Yaitu, melalui tegaknya aturan dan etika," kata Once di Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Once Mekel

Photo :
  • VIVA / Aiz Budhi

Dia merasa prihatin dengan situasi dan budaya politik yang dinilainya kurang baik saat ini. Bagi Once, para pemimpin mesti jadi contoh bagi masyarakat dan generasi muda.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

"Jika aturan ditegakkan, kita akan memiliki kebiasaan berpolitik yang sehat dan budaya politik yang baik," lanjut Once.

Once berharap Indonesia jadi negara yang punya demokrasi substansial dan bermutu. "Pimpinan negara dan para elit harus menjadi contoh bagi generasi muda," ujar Once.

Lebih lanjut, dia pun coba menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada generasi muda. Begitu juga cara Once kepada sang putranya dengan mengajak langsung melihat proses demokrasi.

Dia sengaja menerapkan demikian karena sang anak sudah berusia 17 tahun. Kata dia, untuk hari ini, sang putra pertama kalinya ikut memberikan suaranya di Pemilu 2024.

"Saya bawa anak saya ikut melihat kampanye. Dan, kali ini dia ikut nyoblos untuk yang pertama kalinya, agar bisa mengalami sendiri bagaimana proses demokrasi berlangsung dan kehidupan rakyat dalam kenyataan yang ada. Dia sangat antusias," sebut Once.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya