Jokowi Bertemu Surya Paloh di Istana, Pakar: Bukan dalam Konteks Koalisi tapi Hasil Pemilu

Presiden Jokowi dan Ketum Nasdem Surya Paloh
Sumber :
  • ANTARA Foto

Padang - Pertemuan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyedot perhatian publik pasca pencoblosan Pilpres 2024. Mencuat isu pertemuan itu sebagai proses rekonsilisasi dengan Nasdem gabung ke koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pakar politik Universitas Andalas Padang Asrinaldi menganalisa pertemuan Jokowi dan Paloh bukanlah pertanda masuknya Nasdem ke koalisi Prabowo-Gibran.

"Saya memahami pertemuan ini bukan dalam konteks koalisi. Ini lebih kepada konteks hasil pemilu yang sekarang sedang dihitung," kata Asrinaldi dikutip dari Antara, Senin, 19 Februari 2024.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Menurut dia, pertemuan tersebut lebih membahas soal proses pemilu dari mulai pemungutan hingga penghitungan suara di daerah.

Dia bilang hal itu dibahas karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terkendala melakukan penghitungan di beberapa daerah. "Saya yakin itu yang dibicarakan. Artinya bahwa jangan ini jadi gugatan, konflik atau sengketa," ujar Asrinaldi.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Presiden Jokowi dan Ketum Nasdem Surya Paloh

Photo :
  • ANTARA Foto

Terkait sikap politik Nasdem, dia masih meyakini kemungkinan parpol yang dipimpin Paloh itu masih kokoh berada di barisan oposisi.

Dia menilai Nasdem dan partai di luar koalisi 02 mesti memainkan peran sebagai oposisi agar pemerintah menjadi seimbang.

Dia menyebut dengan seimbang nyapemerintahan, maka oposisi akan dengan mudah mengawasi partai koalisi yang berada di pemerintah. Dengan demikian, proses demokrasi antara oposisi dan koalisi akan berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Paloh ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu petang, 18 Februari.

"Dipanggil Pak Presiden," kata Politisi NasDem Ahmad Sahroni dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Sahroni, pertemuan Paloh dengan Jokowi bersifat silaturahim yang biasa dilakukan. "Silaturahim biasa saja," ujarnya.

Paloh sebelumnya mengadakan pertemuan dengan capres yang diusung Nasdem yaitu Anies Baswedan pada Jumat, 16 Februari 2024. Anies sudah buka suara soal pertemuannya dengan Paloh untuk membahas fakta-fakta terkait Pemilu. "Kami diskusi tentang perkembangan, saling mencocokkan pandangan," katanya.

Lalu, Paloh juga sempat mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat dirinya akan berkomunikasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membahas perkembangan Pilpres 2024.

Paloh menyampaikan demikain usai gunakan hak suara pada Pemilu 2024 di TPS Kelurahan Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Februari 2024. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya