Isu AHY Bakal Dilantik Jadi Menteri, TKN Prabowo-Gibran: Mengagetkan

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yuda Prasetya

Jakarta - Sekjen Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani mengaku kaget mendengar informasi bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada hari ini, Rabu, 21 Februari 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Mengagetkan, karena kami belum pernah tahu sebelumnya," kata Muzani kepada wartawan di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Meski begitu, Muzani mengatakan pihaknya tetap menyambut baik keputusan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mengangkat atau melantik siapapun menjadi menteri. Termasuk melantik AHY menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Ya kami menyambut baik apa yang sudah menjadi keputusan Presiden Joko Widodo, untuk mengangkat pembantunya siapapun dan dari partai manapun," ucapnya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Pasti Presiden Joko Widodo semasa kepresidenan beliau memiliki pertimbangan yang matang untuk mengangkat siapapun namanya, dari partai manapun, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono dengan pertimbangan yang matang. Karena itu, kami percaya dan kami menyambut baik keputusan itu," jelas Muzani.

Sebelumnya diberitakan, Koordinator Staf Khusus Presiden (KSP) Ari Dwipayana membenarkan Presiden Jokowi akan melantik menteri baru para Rabu, 21 Februari 2024. Ada dua menteri yang akan dilantik, yaitu Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri ATR/BPN.

"Rabu besok, 21 Februari 2024 pukul 11.00 WIB diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," kata Ari dalam keterangannya, Selasa, 20 Februari 2024.

Namun Ari tidak bisa menyebutkan siapa nama kedua menteri yang akan dilantik Presiden Jokowi tersebut. Beredar isu Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto akan dilantik sebagai Menko Polhukam setelah ditinggalkan oleh Mahfud MD. Saat ini, Menko Polhukam dijabat Tito Karnavian sebagai Plt.

Di sisi lain, kabar berhembus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal dilantik dan diplot menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Hadi Tjahjanto.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief lantas buka suara soal AHY yang dikabarkan akan masuk Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Andi Arief, AHY siap mengabdikan dirinya bila memang presiden menginginkan untuk menjadi pembantunya di Kabinet Indonesia Maju. "Tentu dia sebagai seorang patriot kalau negara benar-benar meminta ya pasti dia siap," katanya kepada wartawan, Selasa, 20 Februari 2024. 

Kendati begitu dia mengaku hingga saat ini belum mendengar adanya penawaran dari pihak Presiden Jokowi kepada AHY. "Saya belum mendengar. Cuma kalau kabar itu benar, ya kita doakan saja AHY akan bekerja dengan baik," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya