Jokowi Hari Ini Lantik Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melantik dua Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 21 Februari 2024. Dalam reshuffle kabinet kali ini, Jokowi akan melantik Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Kabar yang beredar, Jokowi bakal melantik Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat Menteri ATR/BPN sebagai Menko Polhukam. Adapun, posisi Menteri ATR/BPN yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto kabarnya akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Ossy Dermawan mengatakan AHY jadi calon Menteri ATR/BPN. Menurut Ossy, AHY sudah minta restu ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

“Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN,” kata Ossy saat dikonfirmasi VIVA, Rabu, 21 Februari 2024.

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Informasi pelantikan adanya dua menteri sudah disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden (KSP), Ari Dwipayana. Menurut dia, Presiden Jokowi akan melantik Menko Polhukam  serta Menteri ATR/BPN pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Rabu, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” kata Ari dikutip pada Rabu, 21 Februari 2024.

Namun, Ari tak menyebut nama kedua menteri yang akan dilantik Jokowi pada Rabu hari ini. Adapin posisi Menko Polhukam yang ditinggalkan Mahfud MD dijabat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Plt.

“Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya (Rabu, 21 Februari),” ujar Ari.

Sementara, Presiden RI Jokowi buka suara soal akan ada pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu, 21 Februari 2024.

“Besok ditunggu saja jam 10,” kata Jokowi di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 20 Februari 2024.

Namun, Jokowi tidak mau menjawab siapa saja yang akan dilantik jadi jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. “Besok dilihat saja jam 10,” jelas dia.

Informasi yang diperoleh VIVA, Hadi Tjahjanto yang jabat Menteri ATR/BPN akan dilantik menjadi Menko Polhukam.

Posisi Menko Polhukam lowong pasca Mahfud MD maju sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo untuk kontestan Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya