Elite Demokrat: SBY Tak Hadiri Pelantikan AHY Jadi Menteri ATR di Istana

Momen SBY Nyanyi Bareng AHY di Usai Acara Pidato Politik
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tak akan mendampingi putranya Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY yang dikabarkan akan dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN), Rabu, 21 Februari 2024. AHY akan dilantik Presiden RI Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Sekretaris Pribadi Presiden ke-6 RI, Ossy Dermawan saat dikonfirmasi pada Rabu, 21 Februari 2024.

Namun, Ossy yang juga Wakil Sekjen DPP Demokrat itu menyebut AHY sudah minta doa restu kepada sang ayah di Cikeas, Jawa Barat, Selasa malam, 20 Februari 2024.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pidato Politik Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kata Ossy, sebagai orangtua, SBY merestui putra sulungnya itu untuk mengabdi kepada negara melalui posisi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dia bilang, AHY sudah menemui SBY di Cikeas pada Selasa malam, 20 Februari 2024.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

“Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN. Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan,” ujarnya.

Pihak Istana sebelumnya menyampaikan Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan akan melantik dua menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana. Rencananya, Jokowi melantik Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri ATR/BPN.

Jokowi dikabarkan akan melantik Hadi Tjahjanto yang saat ini jabat Menteri ATR/BPN  sebagai Menko Polhukam. Adapun posisi Menteri ATR/BPN bakal diisi oleh AHY yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat.

Koordinator Staf Khusus Presiden (KSP), Ari Dwipayana membenarkan adanya jadwal pelantikan dua menteri. Ia menyebut dua menteri yang dilantik menjabat sebagai Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN.

“Rabu, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” kata Ari dikutip pada Rabu, 21 Februari 2024.

Sementara Presiden Jokowi juga sudah buka suara soal akan pelantikan dua menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024. “Besok ditunggu saja jam 10,” kata Jokowi di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa, 20 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya