Real Count KPU Pileg DPR RI di Jatim: PKB Paling Atas, Disusul PDIP dan Gerindra

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.
Sumber :
  • Dok. VIVA

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, saat ini unggul di Jawa Timur untuk pemilu legislatif atau pileg DPR RI. Itu berdasarkan real count atau perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU. Dimana data yang masuk hingga Senin 26 Februari 2024 sudah mencapai 73,70 persen.

Ganjar Pranowo: Saya Tidak Akan Bergabung di Pemerintahan

Dari data di website resmi KPU tersebut, PKB unggul dengan perolehan suara 19,06 persen. Sementara itu, PDIP menempati urutan kedua dengan 16,44 persen suara. Partai Gerindra meraup 14,07 persen unggul tipis dari Partai Golkar sebesar 13,66 persen di bawahnya.

Sementara itu, ada beberapa partai lainnya yang melewati ambang batas parlemen atau parliamantary treshold 4 Persen, yaitu partai Nasdem memperoleh suara 7,94 persen. Kemudian, Partai Demokrat 6,87 persen, PAN 5,78 persen suara, PKS 4,95 persen dan PPP 4,2 persen.

Sri Mulyani, Andika Perkasa, dan Risma Masuk Bursa Cagub PDIP DKI

Beberapa partai politik lainnya yang meraih suara di bawah 4 persen seperti, PSI 3,18 persen. Partai Perindo 1,08 persen, Partai Hanura 0,48 persen, Partai Buruh 0,55 persen, Partai Gelora 0,75 persen.

Perolehan suara yang dilakukan KPU ini diambil berdasarkan rekapitulasi di 88.932 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 120.666 yang tersebar di Provinsi Jawa Timur. Data tersebut masih bersifat sementara sehingga masih bisa berubah dalam beberapa waktu ke depan.

PDIP Mundur dari Pihak Terkait Gugatan Sengketa Pileg PPP di Sumbar
Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan

Ganjar: Manusia Mati Sekali tapi kalau Politisi Bisa Mati Berkali-kali

Ganjar Pranowo telah menyatakan tak akan bergabung ke pemerintahan. Ia membeberkan langkah politiknya, salah satunya menjalankan tugasnya sebagai anggota partai.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024