Viral Video Anies Bicara di Depan Lukisan Bung Hatta, Ini Respons Timnas Amin

Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Beredar video yang menampilkan calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan tengah berbicara dengan lukisan mantan Wakil Presiden (Wapres) pertama Muhammad Hatta alias Bung Hatta. Dalam video itu, Anies mengadu soal kondisi negara saat ini.

Sekjen PDIP Ungkap Bupati Banyuwangi Diintimidasi yang "Diawali dengan Cerita Politik"

Berdasarkan video yang dilihat pada Senin, 26 Februari 2024 itu, Anies tampak mengenakan kaus berwarna putih disertai kopiah hitam. Video tersebut pun beredar luas di sosial media.

"Dan Bung Hatta, hari ini (negara) kondisinya tidak sedang baik-baik saja. Integritas yang Bung Hatta tunjukkan, hari ini menjadi barang mewah," ujar Anies dari video itu.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Bung Hatta memberikan kita keteladanan. Insya Allah jadi inspirasi, mudah-mudahan gagasan itu juga menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan. Untuk menghadirkan kesetaraan, menghadirkan kebersamaan buat Indonesia kita, Insyaallah," katanya.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

Kemudian, usai video yang beredar itu banyak warganet yang mempertanyakan kejiwaan capres yang diusung Koalisi Perubahan. Ada pernyataan bahwa video tersebut diambil setelah Pilpres 2024 berlangsung.

Juru Bicara Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) Muhammad Ramli Rahim menjelaskan video yang beredar itu. Ia menyebutkan bahwa video tersebut adalah bentuk fitnah untuk Anies Baswedan.

Ramli menegaskan bahwa video tersebut diambil sejak lama bukan sehabis Pilpres 2024. "Era kini era disrupsi, semua hal bisa dikerjakan dan dilakukan orang, kita pun rasanya sulit untuk melarang mereka. Jadi biarkan itu menjadi hak demokrasi meskipun tetap harus hati-hati dan sebaiknya masyarakat menghindari hoax," ujar Ramli saat dikonfirmasi, Senin 26 Februari 2024.

Ramli menjelaskan bahwa video tersebut diambil saar Anies tengah berkunjung ke rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat pada Kamis 2 November 2023 lalu.

"Video itu diambil saat Anies mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Sumatera Barat. Saat berkunjung ke rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis 2 November 2023," kata Ramli.

"Yang pasti, itu bukan frustasi, itu jauh sebelum pemilu," ujanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya