Survei Indikator: Pendukung Prabowo-Gibran Puas dengan Kinerja Jokowi

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rapim TNI Polri 2024
Sumber :
  • Kemhan

Jakarta –  Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei pasca-Pemilu 2024.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Hasilnya banyak pendukung dari paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Jadi kalau kita cek ada 76,6% masyarakat yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi hari ini. Ini berdasarkan dukungan capres-cawapres, temuannya tidak jauh berbeda berdasarkan exit poll yang kita rilis minggu lalu, pemilih Prabowo-Gibran dari sekitar 58% itu hampir 90,2 adalah mereka yang puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi di akun YouTube Indikator Politik Indonesia, dilansir Rabu, 28 Februari 2024.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Presiden Jokowi Berikan Pangkat Jenderal TNI Kehormatan ke Menhan Prabowo

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Ia menjelaskan bahwa hal ini memberikan gambaran yang optimistis bahwa di tengah tekanan inflasi terutama terkait kenaikan harga beras. 

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Sementara itu dari sekitar 16% pemilih Ganjar-Mahfud, terdapat 74,8% juga puas terhadap kinerja Jokowi. Dan dari pemilih Anies-Muhaimin lebih didominasi mereka yang tidak puas 53,3%,” lanjutnya. 

Ini lagi-lagi menunjukkan bahwa positioning itu penting. Posisi pendukung Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran sama-sama puas kinerja Jokowi. Dan ini yang menjelaskan mengapa elektabilitas Ganjar-Mahfud tertekan secara cukup keras, di pemilu kemarin," jelas Burhanuddin. 

Dalam survei ini target populasi adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Sampel dipilih melalui metode random digit dialing (RDD) atau pembangkitan nomor telepon secara acak sebanyak 1.227 responden.

Momen Akrab Prabowo dan Gibran Diskusi di Kertanegara, Ditemani Dua Ekor Kucing

Photo :
  • Istimewa

Margin of error survei +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara terlatih. Survei dilakukan pada 18-21 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya