JK Buka Muktamar VIII DMI: Saya Selalu Memegang Amanah

Muktamar VIII DMI
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) membuka acara muktamar yang berlangsung pada 1-3 Maret 2024. Acara Muktamar VIII DMI dilangsungkan di Hotel Sultan, Jakarta.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Muktamar DMI kali ini mengusung tema “Peran Masjid Mempersatukan dan Memakmurkan Umat”.

Dalam sambutannya,  menyebut Indonesia negara mayoritas Islam yang memiliki 800.0000 masjid. Tidak banyak negara seperti ini di mana masyarakatlah yang sebagian besar membangun masjid.

Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Muktamar VIII DMI

Photo :
  • Istimewa

Di sebagian besar negara-negara Islam yang membangun masjid itu pemerintah. “Karena itulah tanggung jawab masyarakat jauh lebih besar dibandingkan dengan tangggung jawab daripada umat dibanyak negara,” kata Jusuf Kalla.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Dalam pembukaan Muktamar, JK ditemani Imam Besar Istiqlal KH. Nassaruddin Umar dan Ketua Baznas RI Noor Achmad serta didampingi Waketum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo, Sekretaris Jenderal DMl Imam Adaqurutni dan Ketua Panitia Muktamar ke-8 DMI Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe.

Pembukaan  Muktamar VIII DMI ditandai dengan pemukulan bedug. Di muktamar ke-8 Dewan Masjid Indonesia akan memilih ketua umum yang baru.

Jusuf Kalla yang saat ini menjabat Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia berjanji akan menjaga amanah jika terpilih kembali.

“Saya selalu tidak pernah minta sesuatu, saya selalu memegang amanah, ya kalo di amanahkan saya tidak pernah mundur,” tegas Jusuf Kalla.

Muktamar VIII DMI

Photo :
  • Istimewa

JK mengingatkan, Dewan Masjid bertujuan menjadikan masjid sebagai ibadah, muamalah, tarbiyah, dakwah, dan ukhuwah terbentuknya khairul ummah dan tercapainya masyarakat makmur yang diridhoi Allah Subhanahuwataala dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila.

"Kita juga selalu memahami dasar dari Dewan Masjid berasaskan Pancasila dan berakidah Islam. Dasarnya satu, akidah Islam, tidak bisa lepas dari itu. Karena kita inginkan Indonesia, Islamnya Indonesia adalah Islam menengah, moderat, kerja sama. Itu menjadi dapat tercermin Dewan Masjid," ujar dia.

Lebih lanjut JK mengatakan masjid-masjid di seluruh Indonesia terorganisasi untuk bersatu tanpa tersekat kelompok suku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya