Soroti Suara PSI Melejit Tinggi, Anies: Kalau Memang Tidak Ada Suaranya Jangan Diada-adakan

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan turut menyoroti terkait dengan melonjaknya suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada pileg 2024. Ia menyebutkan kalau suara tersebut  jangan selalu diada-adakan.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Hal itu dikatakan Anies Baswedan ketika dirinya kembali mengunjungi wilayah Kampung Aquarium, Jakarta Utara pada Minggu 3 Maret 2024.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
MK Siapkan Tukang Pijat hingga Vitamin untuk Hakim Selama Sidang Sengketa Pileg 2024

Anies mulanya menjelaskan bahwa pemilu 2024 ini tetap diawasi oleh rakyat Indonesia. Bahkan, hal itu sudah diawasi oleh rakyat Indonesia sejak sebelum pemilu 2024 digelar di dalam TPS.

"Ini unsur rakyat untuk  memantau mengawasi, saya sudah Katakan jauh sebelum pemilu. Datang ke TPS awasi. Sekarang saatnya seluruh rakyat mengawasi," ujar Anies Baswedan kepada wartawan dikutip Senin 4 Maret 22024.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Anies menjelaskan bahwa tidak ada kejahatan yang berani dengan sebuah transparansi. Maka itu, PSI jika memang tidak ada suaranya jangan diada-adakan suaranya.

"Karena kejahatan itu takut transparansi tidak ada kejahatan yang berani terhadap transparansi. Karena itu saya berharap teman teman media terus pantau agar jujur kalau memang ada suaranya harus dilindungi kalau memang tidak ada suaranya jangan diada-adakan," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan jangan nodai pemilu 2024 dengan adanya sebuah kecurangan.

"Pemilu kita harus jadi pemilu yang membanggakan jangan jadi pemilu yang memalukan. Kenapa memalukan? Memalukan itu ada yang disembunyikannya yang dikerjakan," tuturnya.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) (foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus berupaya untuk memberikan data terbaru dari hasil perolehan suara atau real count pemilu 2024. Adapun angka PSI dan PPP melonjak jauh dan sebentar lagi masuk ambang batas syarat masuk parlemen senayan.

Adapun data terbaru real count pileg DPR RI sebanya 65,80 persen. Data tersebut telah diperbarui pada Minggu 3 Maret 2024 sekira pukul 12.00 WIB.

Kemudian dalam data tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melonjak meningkat jauh dan mendekati batas ambang masuk parlemen. PSI mendapatkan angka 3,13?ri perolehan suara 2.403.152.

Tak hanya PSI yang melonjak jauh angka real count, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga mendapatkan lonjakan angka yang signifikan.

PPP kini justru dipastikan bisa masuk ke parlemen usai lolos dalam batas ambang parlemen dengan angka 4,01?ri perolehan suara 3.080.453.

Artinya, PPP sudah dipastikan akan menduduki DPR RI di periode 2024-2029. Pasalnya, dia sudah berhasil lolos ambang batas parlemen.

Adapun data terbaru KPU yang diperbaharui otu bisa diunggah lewat situs pemilu2024.kpu.go.id. KPU akan terus memberikan data terbaru pasangan calon presiden dan calon wakil presiden setiap hari melalui website.

Sebagai informasi, syarat masuk ke parlemen Pemilu 2024, harus memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen dari jumlah suara sah secara nasional.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 414 butir (1): "Partai politik peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 persen (empat persen) dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya