Pimpin Rapat Paripurna DPR, Dasco Ingatkan Kompetisi Demokrasi Harus Siap Menang dan Kalah

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, tahapan Pemilu 2024 sampai saat ini masih berjalan. Karena itu, ia mengingatkan semua pihak untuk selalu siap menang atau kalah dalam kompetisi pesta demokrasi.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Pernyataan tersebut disampaikan Dasco saat memimpin pembukaan Rapat Paripurna Masa Sidang IV tahun sidang 2023-2024, yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

"Pemilu sebagai kompetisi maka menang dan kalah selalu ada, dalam Pemilu kita dituntut untuk memiliki etika politik untuk siap kalah dan siap menang. Akan tetapi pada saat yang bersamaan, etika politik untuk siap kalah dan siap menang harus disertai dengan etika politik penyelenggaraan Pemilu yang bebas jujur dan adil," kata Dasco.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • DPR RI

Ketua Harian Partai Gerindra itu berharap, Pemilu sebagai pesta demokrasi harus ditingkatkan sebagai prosedur yang berkemajuan. Sehingga, mampu menghadirkan kualitas demokrasi yang semakin beradab dan mencerdaskan kehidupan rakyat.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Dasco dalam kesempatan sama juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024. 

"DPR RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang menggunakan hak pilihnya secara aktif pada 14 Februari lalu, dan tetap menjaga ketertiban dan persatuan Indonesia walaupun pilihan rakyat berbeda-beda. Tetapi untuk bangsa dan negara hanya ada merah putih yaitu NKRI, Pancasila, UUD RI 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya. 

Adapun Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang IV tahun sidang 2023-2024 dihadiri oleh 164 orang anggota parlemen. Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tidak hadir alias absen dalam pembukaan rapat paripurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya