Anies Tak Goyang soal Prinsip yang Gagal Menangi Pilpres Berada di Luar Pemerintahan

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengaku sampai dengan saat ini masih menungu putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pilpres 2024. Namun, Anies mastikan dirinya tetap memegang prinsip yang tak menang maka akan berada di luar pemerintahan.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Saya berpesan tadi benar bahwa di dalam proses pemilu itu akan ada selalu yang menang berada di pemerintahan, yang tidak berada di luar pemerintahan," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Rabu 13 Maret 2024.

Anies menyampaikan dalam prinsip tersebut tetap dipegangnya karena masih menunggu hasil rekapitulasi nasional dari KPU pada 20 Maret 2024.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Prinsip itu yang dipegang. Bila menang berada di dalam pemerintahan. Bila tidak menang maka berada di luar pemerintahan. Dan, dua duanya sama sama penting," kata dia.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Pun, Anies menekankan prinsip tersebut juga sempat disampaikan saat melangsungkan debat Pilpres 2024 yang pertama. Ia menyinggung pihak yang tak tahan berada di posisi oposisi.

"Debat pertama saya bilang, bahwa jangan sampai kita tidak tahan berada di posisi oposisi," ujarnya.

Di Pilpres 2024, Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan nomor urut 01. Duet AMIN tertinggal jauh dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka versi penghitungan cepat atau quick count lembaga survei.

Begitu juga versi penghitungan resmi atau real count KPU, pasangan AMIN juga terpaut jauh sementara dari Prabowo-Gibran.

Dari kubu AMIN melalui tim pemenangannya sudah menyuarakan rencana gugatan hasil Pilpres 2024 ke MK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya