Anies-Muhaimin Menang Telak di Sumatera Barat, Raup 1,7 Juta Suara

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum, mengesahkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2024 untuk Provinsi Sumatera Barat. Hasil rekapitulasi tersebut menempatkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1 yakni Anies BaswedanMuhaimin Iskandar, sebagai pemanangnya. Bahkan pasangan ini menang telak di provinsi tersebut.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Hal itu tercatat dalam rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 nasional di wilayah dalam negeri yang tengah berlangsung di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.

“Bisa kita sahkan ya? Bismillah sah,” kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Rekapitulasi suara di Provinsi Sumatera Barat ini dibacakan langsung oleh Ketua KPU Sumatra Barat, Surya Efitrimen. Dalam hasilnya, pasangan Anies – Muhaimin (AMIN) mendapatkan 1.744.042 suara.

Perolehan suara disusul oleh pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan 1.217.314 suara.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sementara Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang bernomor urut 3 meraih 124.044 suara dari jumlah pengguna hak pilih yakni sebanyak 3.128.346.

Adapun surat suara sah yang digunakan yakni sebesar 3.085.400 dan surat suara tidak sah yakni 42.946.

Seperti diketahui, KPU telah melakukan rekapitulanasi nasional untuk luar negeri sebanyak 127 wilayah, tersisa Malaysia lantaran adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara, untuk rekapitulasi dalam negeri, KPU telah melakukan rakapitulasi di 21 provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gorontalo, Kalomantan Tengah, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, NTT, Banten dengan catatan masih ada pencermatan internal PAN dan administrasi cepat di Bawaslu antara Demokrat dan PDIP, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Riau dan Papua Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya