Gibran Ngaku Banyak Petinggi PDIP Ucapkan Selamat tapi Malu-malu

Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku belum dapat ucapan selamat dari Presiden RI Jokowi. Bersama Prabowo Subianto, Gibran ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pilpres 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Belum (komunikasi dengan Presiden Jokowi terkait hasil penetapan sebagai wapres terpilih,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Kamis, 21 Maret 2024.

Dia pun mengungkapkan setelah ditetapkan KPU jadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hanya melakukan komunikasi dengan sang capres, Prabowo Subianto. Sedangkan, dengan Presiden Jokowi yang juga ayahnya itu malah belum.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

“Saya komunikasinya dengan Pak Prabowo,” ujar putra sulung Presiden RI Jokowi tersebut.

Prabowo-Gibran

Photo :
  • Istimewa
Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Meskipun belum terima ucapan dari Jokowi, Gibran mengaku banyak petinggi maupun kader PDIP yang telah memberikan ucapan selamat. Ucapan itu tak hanya diberikan sudah ditetapkan sebagai wapres terpilih, melainkan sejak unggul dalam penghitungan suara cepat atau quick count.

“Sudah banyak (dari PDIP yang memberikan ucapan selamat), dari zaman quick count dulu sudah banyak. Ya petinggi partai (PDIP), kader, wali kota, bupati, (anggota) DPR RI. Dari zaman quick count. Kemarin juga ada tapi pada malu-malu,” kata Gibran.

KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 usai merampungkan hasil final rekapitulasi suara nasional.

Pengumuman hasil rekapitulasi itu diumumkan langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, pada Rabu malam, 20 Maret 2024.

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara Nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari hasil rekapitulasi nasional Pilpres 2024, duet Prabowo-Gibran meraup 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Selanjutnhya, ada pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di posisi kedua.

Pasangan AMIN dapat 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya