PKB soal Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo: Kita Belum Paham Maksudnya

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh di DPP Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan rekan koalisi Nasdem bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Koalisi Perubahan merespons pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2024. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Kedua elite politik itu bertemu usai keduanya menjadi seteru dalam Pilpres 2024, dimana partai Nasdem yang dipimpin Surya Paloh mencalonkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai capres-cawapres, rival Prabowo-Gibran. 

Ketua DPP PKB Daniel Johan menilai pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto bagian dari dinamika politik yang biasa, dan lazim terjadi diantara para elite politik. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Daniel Johan

Photo :
  • DPR RI

"Ini bagian dari dinamika biasa saja, silaturahmi hal baik apalagi bulan suci Ramadhan seperti kali ini, melampaui sekat-sekat politik, tapi kita enggak paham ya apakah ini arah bergabung atau tidak rasanya belum dengar langsung dari sahabat Nasdem," kata Daniel Johan dalam perbincangan di tvOne, Jumat, 22 Maret 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Sejauh ini, menurut Daniel, dari hasil komunikasi terakhir para sekjen partai koalisi perubahan masih solid. Bahkan, ketiga partai sepakat untuk melanjutkan kerjasama di tingkat pilpres ke tingkat Pilkada DKI Jakarta. 

"Sejauh ini sih oke-oke aja, karena belum ada penjelasan (dari Nasdem) ini kita pahami sebatas silaturahmi, kita belum paham maksudnya tapi sebagai silaturahmi itu hal yang bagus," ujarnya

Sementara terkait sikap politik PKB ke depan, Daniel tegas menyatakan DPP PKB belum membahas apakah bergabung dengan Prabow-Gibran atau di luar sebagai oposisi. 

"Tapi sejauh ini, seperti yang disampaikan Cak Imin bersama pak Anies, sejauh ini komit akan melanjutkan perubahan bersama dengan segenap rakyat, tapi ke depannya seperti apa, menunggu hasil akhir dari proses pemilu dan pilpres sampai definitif dari keputusan MK nanti," tegasnya

Ucapan Selamat Surya Paloh ke Prabowo

Diketahui, Calon presiden terpilih Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat. Prabowo langsung disambut hangat oleh Surya Paloh yang telah menunggunya di halaman gedung tersebut.

Surya lalu mengajak Prabowo untuk masuk ke dalam gedung tersebut yang telah disiapkan untuk penyambutan presiden terpilih tersebut.

Prabowo mengatakan Surya Paloh langsung mengucapkan selamat kepada dirinya dan Gibran Rakabuming Raka setelah KPU menetapkan pasangannya unggul pada Pemilu Presiden 2024.

"Ketua Umum NasDem Pak Surya Paloh langsung mengucapkan selamat. Dan untuk menghormati ucapan tersebut saya datang dan diterima hari ini di markas Partai NasDem," kata Prabowo saat konferensi pers usai bertemu Surya Paloh.

Menteri Pertahanan itu mengatakan bahwa Surya Paloh merupakan sahabat lama sejak usia muda. Dengan sama-sama bertambah usia, menurutnya dia dan Surya Paloh seharusnya semakin bertambah bijaksana. "Saya kenal beliau sahabat lama, dulu biasa sebagai anak muda, punya sikap-sikap keras, beliau juga keras, saya juga," kata Prabowo.

Sementara, Surya Paloh mengatakan bahwa kunjungan silaturahim itu menjadi pengingat perjalanan panjang persahabatan dirinya dengan Prabowo. Dia mengaku sudah memiliki hubungan bersama Prabowo sejak 40 tahun silam.

"Jadi amat sangat wajar Pak Prabowo tetap menginginkan semangat persahabatan 40 tahun ini bisa terjaga baik," ujar Surya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya