PKS soal Pertemuan Surya Paloh-Prabowo: Jaga Perasaan, Kami Masih Cari Keadilan 

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh di DPP Nasdem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghormati langkah politik Ketua Umum Nasdem Surya Paloh melakukan pertemuan dengan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, sekaligus memberikan ucapan selamat sebagai capres terpilih sebagaimana keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

PKS memandang Pilpres 2024 belum selesai. Sebab kubu paslon 01 Anies-Muhaimin masih berjuang untuk mencari keadilan atas proses pemilu yang diklaimnya banyak catatan  kecurangan dan pelanggaran yang terjadi. 

"Jadi ya bagi kami sah-sah saja, monggo, hak partai melakukan itu, tapi kami PKS partai pengusung Anies-Muhaimin akan bersama rakyat, bersama pendukung 01 yang saat ini sedang mencari keadilan bahwa pilpres belum selesai," kata Juru Bicara PKS, Pipin Sofyan dalam perbincangan dengan tvOne, Jumat, 22 Maret 2024

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut Pipin, Anies-Muhaimin bersama para pendukung sedang berikhtiar sekuat tenaga mencari keadilan. Setidaknya ada dua upaya yang sedang dilakukan. Pertama, Timnas AMIN secara resmi telah mengajukan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Juru Bicara DPP PKS Pipin Sopian

Photo :
  • Dok. PKS
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Kedua, PKS sebagai partai pengusung Anies-Muhaimin berusaha sekuat tenaga mengawal dan menggunakan hak angket di DPR RI untuk mengungkap kebenaran, mencari keadilan ketika banyaknya catatan kecurangan Pilpres 2024.

"Jadi bagi kami pilpres belum selesai, kami memahami menyerahkan hak-hak setiap partai politik, apakah ada komunikasi (dari Nasdem ke PKS terkait pertemuan dengan Prabowo) nanti bisa tanya ke pimpinan," ujarnya

Lebih jauh, Pipin tak menampik PKS dan Prabowo punya kedekatan dan sejarah panjang, terutama saat Pilpres 2014 dan 2019, dimana PKS secara all-out dan konsisten mendukung Prabowo sebagai capres kala itu. 

PKS lanjut Pipin, bisa saja menjalin komunikasi politik dengan pihak pemenang pilpres. Tapi untuk saat ini, PKS masih fokus pada upaya mencari keadilan untuk Anies-Muhaimin, ketimbang melakukan manuver politik. 

"Tapi pilihan itu (bertemu Prabowo) tidak kita lakukan saat ini. Kami memahami betul psikologi masyarakat, pendukung 01 yang saat ini masih mencari keadilan. Menjaga perasan itu penting, bahwa kita sama-sama berjuang. Kita siap menang dan siap kalah ketika tidak ada pelanggaran dan kecurangan terstruktur, sistematis dan masif," terang Pipin

"Kami istiqomah, konsistem dalam berjuang, loyalitas kepada aspiras rakyat, itu yang selama ini kami tunjukkan kepada rakyat Indonesia, terutama pendukung PKS dan pendukung Anies-Muhaimin," imbuhnya

Prabowo Temui Surya Paloh

Sebelumnya, calon presiden terpilih Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat. Prabowo langsung disambut oleh Surya Paloh yang telah menunggunya di halaman gedung tersebut.  

Prabowo mengatakan Surya Paloh langsung mengucapkan selamat kepada dirinya dan Gibran Rakabuming Raka setelah KPU menetapkan pasangannya unggul pada Pemilu Presiden 2024.
 
"Ketua Umum NasDem Pak Surya Paloh langsung mengucapkan selamat. Dan untuk menghormati ucapan tersebut saya datang dan diterima hari ini di markas Partai NasDem," kata Prabowo saat konferensi pers usai bertemu Surya Paloh.
 
Menteri Pertahanan itu mengatakan bahwa Surya Paloh merupakan sahabat lama sejak usia muda. Dengan sama-sama bertambah usia, menurutnya dia dan Surya Paloh seharusnya semakin bertambah bijaksana.
"Saya kenal beliau sahabat lama, dulu biasa sebagai anak muda, punya sikap-sikap keras, beliau juga keras, saya juga," kata Prabowo.

Sementara, Surya Paloh mengatakan bahwa kunjungan silaturahim itu menjadi pengingat perjalanan panjang persahabatan dirinya dengan Prabowo. Dia mengaku sudah memiliki hubungan bersama Prabowo sejak 40 tahun silam.
 
"Jadi amat sangat wajar Pak Prabowo tetap menginginkan semangat persahabatan 40 tahun ini bisa terjaga baik," ujar Surya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya