Hasto PDIP Tak Masalah Jika Megawati dan Prabowo Bertemu

Prabowo dan Megawati
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan, jika Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri tak masalah untuk bertemu Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto pasca diumumkannya keputusan Mahkamah Konstitusi.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ia menegaskan bahwa saat ini PDIP masih fokus dalam melakukan perjuangan melawan pengkhianat konstitusi hingga perusak demokrasi. 

"Jadi kalau bertemu ya tidak ada masalah, tetapi hal-hal yang sangat fundamental tadi tetap akan dipersoalkan oleh PDI Perjuangan," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin, 25 Maret 2024. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Ia menyampaikan, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani juga tak masalah jika Prabowo melakukan silaturahmi pertemuan dengan Megawati. Apalagi Puan sendiri berstatus sebagai Ketua DPR RI dan Prabowo sebagai Menhan. 

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Namun soal urusan Pilpres 2024, kata Hasto, PDIP sendiri masih menunggu dan menghormati sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Mbak Puan kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI sehingga tugas sebagai Ketua DPR dalam melakukan komunikasi politik, dan pak Prabowo sekarang juga kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan," kata Hasto. 

"Terkait dengan Pilpres kita masih menunggu hasil dari pada Mahkamah Konstitusi, sehingga tak ada persoalan pertemuan-pertemuan itu dilakukan," sambungnya. 

Lebih lanjut, Politisi asal Yogyakarta ini menegaskan, jika Megawati memiliki rekam jejak melawan rezim otoriter hingga pengkhianatan terhadap Konstitusi. Menurutnya, untuk sementara ke depan PDIP akan berfokus pada tema tersebut. 

"Demikian pula antara Pak Prabowo dengan Ibu Megawati Soekarnoputri tidak ada persoalan dalam perspektif pribadi, tetapi bagi Ibu Megawati Soekarnoputri dengan rekam jejak yang sangat luas terutama legitimasi beliau bersama PDI di dalam melawan rezim yang otoriter, yang anti demokrasi tentu saja seluruh aspek-aspek pengkhianatan terhadap konstitusi terhadap demokrasi terhadap keadilan rakyat kedaulatan rakyat di dalam menentukan pemimpinnya akan tetap menjadi tema-tema sentral yang harus disuarakan oleh PDI Perjuangan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Wacana pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri, kembali menguat pasca Pilpres 2024. Wacana ini sempat muncul sebelum Pemilu 2024 digelar. Peluang pertemuan keduanya, terbuka. Bahkan elite PDIP mengatakan Prabowo dan Megawati tidak ada persoalan pribadi.

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PDIP, Junimart Girsang, mengatakan peluang bertemunya Prabowo yang saat ini menjabat Ketua Umum Gerindra dengan Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP, terbuka. Menurutnya, hubungan petinggi kedua kubu yang bersaing di Pilpres 2024 ini baik-baik saja.

“Setahu saya hubungan Ibu Mega dengan Pak Prabowo itu secara pribadi baik-baik saja, karena dari dulu sudah memang bersahabat kan begitu,” kata Junimart, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 25 Maret 2024.

Megawati, Prabowo dan Puan Maharani berswafoto beberapa waktu lalu. (foto ilustrasi)

Photo :
  • Instagram @puanmaharaniri

Namun, lanjut Junimart, untuk hubungan secara politik bisa ditanyakan ke pengurus partai. Tapi ia menekankan bahwa hubungan kedua pemimpin partai itu tak ada masalah. Untuk itu dia memandang tidak mustahil jika Megawati bertemu Prabowo usai pemilu.

“Dalam politik apa yang tidak mungkin? Yang tidak mungkin bisa mungkin dalam politik, sepanjang itu untuk kebaikan, untuk kemaslahatan masyarakat dan rakyat, kenapa tidak. Kan boleh-boleh saja,” ujarnya.

Kendati begitu, ditanya soal apakah PDIP akan menyiapkan pertemuan dengan Prabowo, Junimart mengaku itu bukan menjadi ranahnya. “Kita tunggu saja ya. Saya bukan DPP. Kita tunggu bagaimana DPP bisa menyikapi ini secara baik, dan semua kan kita ini baik-baik saja sebenarnya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya