Hashim Dielus-elus Maju Pilgub Sulut, Pakar: Sangat Besar Kemungkinan Menangnya

Hashim S Djojohadikusumo (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo didorong maju sebagai cagub di Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) 2024. Kemunculan figur Hashim dalam bursa cagub Sulut dinilai positif karena merupakan putra asli daerah.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Pakar politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menganalisa masuknya Hashim dalam bursa cagub Sulut ibarat dipanggil kampung halamannya.

"Kalau kita bicara Pak Hashim yang dielus-elus untuk masyarakat Sulut itu jadi sesuatu yang positif dan kebanggan bagi masyarakat Sulut, karena mungkin masyarakat Sulut memanggil Pak Hashim dalam konteks membangun daerah, membangun kampungnya," kata Ujang Komarudin di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Ujang menilai Hashim punya kapasitas dalam memimpin daerah khususnya Sulut. Apalagi, status Hashim yang merupakan tokoh Partai Gerindra.

"Karena Pak Hashim punya kapasitas untuk itu. Bukan hanya mampu membangun Sulut, membangun Indonesia pun bisa dan mampu," ujar Ujang.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Hashim Djojohadikusumo

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Maka itu, Ujang menilai suatu yang positif jika ada usulan Hashim maju sebagai cagub Sulut. Dia menyebut suatu kebanggaan bagi warga Sulut jika Hasyim mau maju sebagai cagub Sulut.

"Karena memang Sulut membutuhkan Pak Hashim dalam konteks membangun Ibu Pertiwi dari daerah, dan di situ juga ada kampung halaman Ibu tercintanya," jelas Ujang.

Ujang menuturkan dalam konteks itu melihat ada kebutuhan sebagian warga Sulut dengan wacana mendorong Hashim maju sebagai cagub.

Pun, ia menambahkan, Hashim juga nanti bisa berkoordinasi dengan Prabowo yang akan dilantik sebagai Presiden RI ke-8 pada Oktober 2022. Kata dia, nanti pembangunan nasional akan punya koneksitas dengan pembangunan Sulut nantinya.

"Itu sesuatu yang bagus, positif, dan akan membawa Sulut menuju kesejahteraan. Kita tahu bahwa Pak Prabowo kakak kandung dari Pak Hasyim sendiri jadi Presiden," ujar Ujang.

Dia membaca potensi Hashim  punya peluang besar memenangkan Pilgub Sulut jika benar-benar maju sebagai cagub. "Kalau maju ya sangat besar kemungkinan menangnya," kata dia.

Adapun dukungan agar Hashim maju dalam Pilgub Sulut  muncul usai Prabowo memenangkan Pilpres 2024. Efek Prabowo dianggap masih terasa di Sulut.

Beberapa tokoh seperti salah satunya pengusaha muda Sulut, Poli mengatakan penting Prabowo untuk membangun Sulut. Ia berharap Prabowo bisa dukung adiknya Hashim yang didorong maju sebagai cagub Sulut.

Dia mengatakan demikian karena Sulut jadi salah satu lumbung suara Prabowo. Dengan presentasi kemenangan tertinggi di tingkat nasional, warga Sulut dinilai bakal bangga punya presiden berdarah Minahasa.

Menurut Poli, impian Dr Sam Ratulangi di Bumi Nyiur Melambai juga bisa terwujud jika Sulut dipimpin figur kuat, kharismatik, dengan jaringan yang luas ke pemerintah pusat dan internasional layaknya Hashim.

"Jika Presiden Jokowi meninggalkan IKN sebagai lagecy-nya untuk Indonesia, maka Prabowo dan Hashim bisa menjadikan Sulut sebagai gerbang Asia Pacific di dunia jadi legacy mereka sebagai putra kawanua terbaik bangsa ini," tutur Poli, dikutip pada Senin, 25 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya