AHY Sindir Hancur Lebur Jika Masih di Koalisi Anies, Andi Arief: Kita Cepat Banting Setir

Bacapres Anies Baswedan dengan Ketum Demokrat AHY di Bandung, Jabar.
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

Depok – Heboh pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY perihal hancur lebur jika masih bertahan di Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Elite Partai Demokrat pun beri penjelasan soal omongan bosnya tersebut.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Andi Arief menuturkan maksud AHY saat pihaknya ditinggal dalam urusan capres dan cawapres di Koalisi Perubahan. Kata dia, elektabilitas Demokrat saat itu sempat terjadi drop.

Menurut dia, penurunan Demokrat saat itu mencapai 3 hingga 4 persen. Usai keluar dari koalisi Anies, Demokrat pun bergerak cepat dengan berlabuh ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

“Jadi, kita cepat banting setir ke Koalisi Indonesia Maju. Dan, kita selamat 7,3 persen. Jadi, memang di beberapa survei kita hampir saja hancur lebur,” kata Andi Arief di Depok, Senin, 25 Maret 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat, Andi Arief

Photo :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)
Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

Dia menjelaskan hancur lebur yang terjadi di KPP bukan hanya saat itu saja. Namun, juga terlihat dalam situasi saat partai, pendukung dan capresnya yang disindirnya jalan sendiri-sendiri.

“Hancur leburnya bukan hanya pada saat itu. Tapi, juga sekarang hancur lebur. Partainya jalan ke mana, kemudian pendukungnya jalan ke mana, capresnya jalan ke mana,” ujar Andi.

Andi menyinggung tak ada kekompakan di KPP. Kata dia, kondisi ini yang disebut hancur lebur oleh AHY belum lama ini. Ucapan itu dilontarkan AHY sebagai introspeksi dan tidak ada maksud menyudutkan.

“Itu yang namanya hancur lebur terjadi di Koalisi Perubahan. Jadi, ini yang  disampaikan oleh AHY kemarin sebagai introspeksi bersama, bukan maksud mendiskreditkan," sebut Andi.

Pun, dia bilang dengan beralihnya Demokrat ke KIM dianggap langkah tepat. Sebab, jika tetap masih di KPP maka partainya memang bisa hancur lebur.

“Bahwa kalau kita tetap pada Koalisi Perubahan pada saat itu hanya menjadi pendukung dan kalah. Ya, hancur lebur kita,” ujarnya.

Lantas, soal rencana restrukturisasi struktur organisasi yang disampaikan AHY, ia enggan menjelaskan. Menurut Andi, restrukturisasi struktur organisasi akan dibahas pada kongres partai.

“Oh, nanti itu di kongres ada restrukturisasi karena struktur organisasi harus adaptif ya ikut perkembangan zaman,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya