Gerindra Sebut Prabowo Subianto Bakal Banyak Minta Pendapat Jokowi soal Menteri Kabinet

Jokowi dan Prabowo Makan Bakso Bareng
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Prabowo Subianto, ke depannya akan banyak berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo terkait nama-nama yang layak mengisi kursi kabinet di pemerintahan berikutnya. Walau peran secara institusional, belum dipastikan seperti apa.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Berdasarkan rekapitulasi suara akhir oleh KPU pada 20 Maret 2024, pasangan capres-cawapres yakni Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, memenangkan Pilpres 2024. Penetapan masih menunggu hasil gugatan di Mahkamah Konstitusi atau MK.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengaku tidak tahu bagaimana peran Presiden Jokowi dalam penyusunan struktur menteri di kabinet Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka nantinya.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Meski begitu, dia meyakini, Jokowi akan menjadi salah satu sosok yang paling banyak dimintai pendapat oleh Prabowo dalam menyusun struktur menteri di kabinetnya.

"Saya tidak tahu, secara institusional tidak tahu, tapi secara prinsip memang Pak Jokowi dipastikan menjadi salah satu orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Pak Prabowo, saya yakin," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Maret 2024. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dalam berbagai kesempatan, Habiburokhman menyebut Prabowo sering menyebut kalau Presiden Jokowi sebagai mentornya. Di internal partai, Prabowo juga mengaku banyak belajar dari mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo tersebut. 

"Beliau sebagai tentara kan belajar kepemimpinan dari muda, tapi melihat sosok yang begitu luar biasa ya itu adalah Pak Jokowi, bisa mimimpin rapat efektif, bisa bekerja keras seharian tanpa lelah, bisa safari ke berbagai wilayah Indonesia," jelas Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

"Itulah yang dipelajari oleh Pak Prabowo dari Pak Jokowi," lanjut Habiburokhman. 

Menurut Habiburokhman, langkah Prabowo dalam meminta pendapat Jokowi sudah tepat. Mengingat, Prabowo memang berkomitmen untuk melanjutkan kepemimpinan pemerintahan Presiden Jokowi.

"Jadi Pak Prabowo kan melanjutkan capaian dan legacy-nya Pak Jokowi. Ke mana? Kalau ingin melanjutkan capaian Pak Jokowi? Ya ke Pak Jokowi lah nanyanya, ya enggak!?" katanya.

Jokowi Beri Masukan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menerima Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, putra dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), di Surakarta, Minggu, 11 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA

Sebelumnya diberitakan, calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka menegaskan sang ayah, Presiden Jokowi tidak menitipkan nama orang untuk menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran nanti.

"Enggak, enggak," kata Gibran kepada wartawan di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret 2024. 

Gibran menyebut, Prabowo akan menentukan sendiri siapa saja pihak-pihak yang masuk ke dalam kabinet. Dia pun tidak menutup kemungkinan Jokowi akan memberikan masukan terkait susunan kabinet Prabowo- nanti.

"Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya. Pak Prabowo yang akan menentukan," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya