PKS Berpeluang Usung Lagi Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan  – Edy Rahmayadi punya kans kembali diusung PKS untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2024. Hubungan politik PKS dengan mantan Pangkostrad itu tercatat baik.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Status PKS diketahui sebagai salah satu parpol yang beri dukungan kepada pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah atau Eramas di Pilgub Sumut 2018.

Ketua DPW PKS Sumut, Usman Djakfar mengungkapkan pihaknya dan Edy memiliki hubungan baik. Hal itu salah satunya dari mantan Pangdam I Bukit Barisan itu menjadi Ketua Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Sumut.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Komunikasi kita kan kemarin sama (Edy) di TPD Amin ya. Komunikasi terus berjalan dan sekarang kita ini terus berkomunikasi dengan beliau," kata Usman saat dikonfirmasi VIVA, Selasa 26 Maret 2024.

Ilustrasi kader PKS dalam acara partai

Photo :
  • Dok. PKS
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Namun, Usman mengatakan Edy wajib mengikuti seluruh prosedur dan persyaratan yang ditetapkan PKS dalam rekrutmen calon kepala daerah (Cakada) pada Pilkada serentak 2024 ini.

"Iya kalau ini kan istilahnya, sudah dekat (Edy) dengan kita kan gitu. Iya kan, cuma kita kan ada mekanisme di partai. Yang harus dilalui sama pak Edy sendiri nanti," jelas Usman.

Usman mengatakan pihaknya tengah menyusun dan persiapkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis). Hal itu terkait persiapan rekrutmen calon kepala daerah di Pilkada 2024. Baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"PKS itu bekerjanya sesuai dengan AD/ART. Kita baru tahap sekarang ini menyusun juklak juknis untuk menjaring calo-calon kepala daerah," kata Usman.

Pun, Usman menambahkan, tahapan dan persyaratan Cakada PKS harus diikuti dan dilaksanakan, baik kader maupun eksternal partai. Hal itu termasuk PKS yang membuka rekrutmen Cakada bagi putra-putri terbaik di Sumut.

"Jadi, nanti ada masukan dari internal kita ada juga calon calon eksternal. Jadi, nantinya hasilnya akan dimusyawarahkan di DPW kemudian akan disampaikan ke DPP PKS untuk diputuskan," kata Usman.

Selain Edy, ada Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution masuk bursa yang berpotensi akan bertarung di Pilgub Sumut.

Namun, baru Edy yang sudah menyatakan secara terbuka akan maju kembali di Pilgub Sumut untuk periode kedua. Edy juga saat ini tengah menjajaki komunikasi dengan sejumlah parpol itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya