Demokrat Tak Ingin Tuntut Jatah Menteri Kabinet ke Prabowo Subianto

Capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menegaskan pihaknya tidak akan menuntut apapun terkait jatah kursi menteri yang akan diberikan capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, kepada partainya. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Politisi yang akrab disapa AHY, itu sebelumnya mengaku telah diminta Prabowo menyiapkan kader terbaiknya untuk ditempatkan di jajaran kabinet Prabowo-Gibran setelah resmi dilantik nantinya sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

"Kami tidak ingin, pertama menuntut yang lain-lain. Kami sendiri tentunya menghormati karena beliau adalah seorang pemimpin yang punya komitmen. Itu yang kami pegang adalah komitmen dan tentunya beliau juga dengan niat yang bersih dan terbuka untuk terus berkomunikasi dengan kami Partai Demokrat," kata AHY kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, dikutip Kamis, 28 Maret 2024.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Pria yang kini menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Kabinet Indonesia Maju itu menjelaskan, dirinya tidak ingin menciptakan polemik yang tidak perlu terkait dengan kursi menteri. Hal yang pasti, kata AHY, pihaknya menghormati segala keputusan Prabowo selaku capres pemenang Pilpres 2024.

"Saya tidak ingin membuat polemik-polemik yang tidak perlu, yang jelas saya dan kami keluarga besar Partai Demokrat sangat menghormati Pak Prabowo sebagai presiden terpilih yang pada saatnya secara resmi akan memiliki hak prerogatif untuk menentukan jajaran pembantunya, jajaran kabinetnya yang beliau nyatakan mampu, cakap, capable, dan siap membantu beliau menjalankan kebijakan dan program-program yang memang ditujukan untuk rakyat, untuk negara kita," jelasnya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku diminta capres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto menyiapkan kader terbaiknya untuk menjadi menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Hal itu disampaikan AHY saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama Partai Demokrat dengan Prabowo Subianto di St Regis, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2024. 

“Bapak (Prabowo) juga sudah memerintahkan kepada saya untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat, yang akan membantu Bapak (Prabowo) di kabinet dan pemerintahan mendatang,” ucap AHY. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya