Fadli Zon Sebut Perang Iran-Israel Berpotensi Meluas dan Picu Perang Dunia III

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyatakan deeskalasi atau menahan diri dapat mencegah meluasnya konflik di Timur Tengah saat ini.

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

"Melalui deeskalasi, kita harapkan tidak menciptakan satu konflik lebih luas dan perang lebih besar, yang melibatkan lebih banyak negara. Jadi, sikap kita seharusnya melakukan itu," katanya di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Eskalasi konflik di Timur Tengah berpotensi memanas akibat serangan balasan Iran terhadap provokasi Israel yang sebelumnya membombardir Konsulat Besar Iran di Damaskus, Suriah. Dalam aksi balasannya, Iran meluncurkan ratusan pesawat nirawak (drone) dan rudal balistik ke wilayah Israel.

Menteri Israel Ancam Kudeta Netanyahu Jika Tidak Ada Kesepakatan Pembebasan Sandera

VIVA Militer: Rudal balistik militer Iran

Photo :
  • albawaba.com

"Kalau ini berlanjut, akan makin melibatkan banyak negara dan bisa memicu perang yang lebih luas, bahkan bisa saja terjadi Perang Dunia III," kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Terpilih Kembali Jadi Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Palestina, Fadli Zon: Ini Tugas Mulia

Di sisi lain, terkait dengan konflik Gaza, Fadli menegaskan bahwa sikap Indonesia, baik Pemerintah, parlemen, maupun masyarakat sipil, tetap menginginkan adanya gencatan senjata sesegera mungkin. Apalagi, hingga kini sudah banyak warga Palestina menjadi korban lebih dari 35.000 orang yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan arahan agar Indonesia bersikap deeskalasi terhadap situasi ketegangan geopolitik yang sedang melanda sejumlah negara di Timur Tengah.

Arahan Presiden itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sesi konferensi pers usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/4).

Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 di Bali, Indonesia.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Pertama, tentu tadi Bapak Presiden membahas mengenai yang terjadi di Timur Tengah, terutama yang terkait dengan Iran dan Israel," katanya.

Ia mengatakan sikap deeskalasi penting bagi hubungan Indonesia dengan sejumlah negara yang terlibat pertikaian perang di Timur Tengah. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya