PDIP Gelar Rakernas Bulan Mei, Berani jadi Oposisi atau Merapat ke Prabowo?

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP bakal menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) ke-IV pada bulan Mei 2024. Agenda Rakernas itu akan menentukan arah politik partai berlambang kepala banteng tersebut.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto dalam rapat koordinasi nasional terkait Pilkada 2024. Hasto pimpin langsung rapat tersebut. Hadir juga sejumlah Ketua DPP PDIP seperti antara lain Djarot Saiful Hidayat, Ahmad Basarah, Ribka Tjibtaning, Yasonna Laoly,

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Pacul Wuryanto. Lalu, ada juga Ketua DPP yang juga Kepala Mahkamah Kehormatan Partai Komarudin Watubun, Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto, dan Wakil Bendahara Umum Rudianto Tjen juga hadir dalam rapat tersebut.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

"Kami melakukan pemetaan titik awal di dalam menyongsong agenda-agenda kepartaian ke depan termasuk mempersiapkan Rapat Kerja Nasional Ke-IV Partai pada 24, 25, 26 Mei 2024 ini," kata Hasto di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2024.

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Menurut Hasto, rakernas ini juga sebagai momentum yang sangat penting untuk melakukan evaluasi. Hal itu termasuk merumuskan sikap politik sesuai dengan dinamika politik nasional dan menjawab berbagai isu-isu strategis terkait dengan persoalan rakyat dan negara.

Tak hanya itu, dalam Rakernas juga dibahas berbagai isu penting rakyat, bangsa, dan negara.

"Bagaimana melakukan mitigasi terkait dengan berbagai persoalan ekonomi, pangan, energi, politik luar negeri akibat pertarungan geopolitik," tuturnya.

Di sisi lain, Hasto Kristiyanto mewakili partai juga menyampaikan rasa terimakasihnya lantaran sudah bantu bawa kemenangan untuk ketiga kalinya dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Hasto menuturkan, Pileg 2024 memang dihadapi dengan tantangan yang berat. Namun, rakyat telah mempercayai kembali PDIP untuk menang secara hattrick atau ketiga kalinya.

"Pada kesempatan ini PDI Perjuangan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada PDI Perjuangan sehingga meskipun tantangannya sangat berat tetapi PDI Perjuangan mendapatkan kepercayaan rakyat menang pemilu legislatif tiga kali berturut-turut," kata Hasto.

Dia bilang ada peningkatan perolehan suara di tingkat kabupaten dan kota. Hal itu menunjukan adanya keinginan dari akar rumput yang mendambakan demokrasi yang berkekuatan rakyat.

"Artinya dukungan dari akar rumput kekuatan rakyat yang memimpin nurani dan mendambakan demokrasi yang berkekuatan rakyat telah ditunjukan," ujar Hasto.

Lebih lanjut, dia mengatakan, jika kenaikan perolehan suara PDIP di tingkat daerah menunjukkan kekuatan sejati partai.

"Dukungan di akar rumput dengan penambahan perolehan kursi di tingkat Kabupaten/Kota ini menunjukkan kekuatan yang sejati dari PDI Perjuangan sebagai partai nasional Soekarnois yang menyatu dengan kekuatan rakyat," tuturnya.

PDIP merupakan jawara Pileg 2024. Namun, di Pilpres 2024, jagoan yang diusung PDIP yaitu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD kalah dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

PDIP sejauh ini belum menentukan sikap politiknya usai perhelatan Pemilu 2024. Meski digadang-gadang jadi oposisi tapi kubu Prabowo terus melobi PDIP agar gabung ke barisan pendukung pemerintahan Prabowo ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya