Elite PDIP Ungkap Peluang Besar Anies Menang Jika Maju Lagi di Pilgub Jakarta

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta –  Usai perhelatan Pilpres 2024, Anies Baswedan terus digadang-gadang bakal maju lagi di Pilgub Jakarta 2024. Dengan pengalamannya, figur Anies dinilai berpeluang memenangkan kontestasi Pilgub Jakarta, November 2024 mendatang.

PPP dan PDIP Siap Kerja Sama untuk Pilkada Garut

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan tak menutup kemungkinan menang lagi jika Anies kembali maju pada November 2024. Dia mengaku tak bisa menafikan peluang Anies kembali menduduki kursi gubernur.

"Kalau kita lihat cerminan di pilpres kemarin, tidak bisa seorang pun mengingkari bahwa Pak Anies masih sangat potensial (kembali menjadi Gubernur DKI)," kata Pantas kepada wartawan, Sabtu, 25 Mei 2024.

8 Timses Prabowo Jadi Komisaris BUMN, Perancang Konsep IKN Kecewa ke Jokowi

Pantas menuturkan kemungkinan perolehan suara Anies jika maju nanti masih banyak didasari atas kinerjanya di periode pertama sebagai Gubernur Jakarta. Kata dia, pengalaman Anies di Jakarta akan menjadi bekal bisa memenangkan kontestasi perebutan kursi Jakarta-1.

"Pengalaman dia selama 5 tahun kemarin di Jakarta, saya pikir itu jadi salah satu pembelajaran yang baik untuk bisa lebih menyempurnakan di waktu-waktu yang akan datang. Jadi, paling tidak, sudah punya bekal," ujar Pantas.

Elit PDIP Sindir Jokowi, Projo: SIkap Baperan yang Berkelanjutan

Anggota DPRD DKI Pantas Nainggolan

Photo :
  • Istimewa

Meski demikian, Pantas menyebut tak tertutup jika PDIP nanti menduetkan Anies dengan kader partai berlambang banteng moncong putih itu maju di Pilgub Jakarta.

Namun, dia menekankan, keputusan kader maju itu akan dipertimbangkan terlebih dahulu oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

"Sebagai wacana sih bisa-bisa saja, tetapi yang pasti DPP PDIP pasti akan mempertimbangkan semua," tutur Anggota DPRD DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, DPD Jakarta mengusulkan sejumlah nama kader yang akan maju di Pilgub Jakarta 2024. Pantas mengatakan salah satu nama usulannya yakni Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Ya, betul. Kami mengusulkan Pak Pras (diusung maju Pilgub DKI Jakarta)," ujar Pantas Nainggolan kepada wartawan, Jumat 24 Mei 2024.

Pantas bilang nama tersebut juga akan dibawa ke dalam dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Ancol yang mulai digelar Jumat kemarin.

Figur Prasetyo dianggap layak bisa diusung PDIP dalam kontestasi Pilgub Jakarta. Sebab, Prasetyo sebagai politikus kawakan dinilai punya pengalaman yang cukup dalam legislatif selama dua periode.

"Kapasitas dia sebagai Ketua DPRD dua periode, 10 tahun itu kan sudah sebuah prestasi. Dan, dia adalah kader kami sendiri," kata Pantas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya