PDIP Targetkan Menang Pilkada 2024 di 50 Persen Provinsi

Politikus PDIP Adian Napitupulu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan meraih kemenangan setidaknya di 50 persen provinsi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Diketahui, terdapat 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. 

Kaesang Blak-blakan Suka Nonton Desak Anies: Bagus!

"Perintahnya sederhana, peluangnya untuk memenangkan 50 persen, apakah kepala daerah maupun wakil dan memang harus sebanyak-banyaknya," ujar Ketua Tim Pemenangan Pilkada PDIP, Adian Napitupulu, di arena Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Mei 2024.

Adian mengungkapkan beberapa cara untuk mencapai target tersebut, salah satunya membuka pintu kerja sama dengan partai lain. PDIP diketahui bisa mengusung pasangan calon kepala daerah di 142 kabupaten/kota di 11 provinsi. Sementara untuk daerah lainnya, PDIP perlu bekerja sama dengan partai lain dalam mengusung pasangan calon kepala daerah. 

Ada Temuan Makanan Basi, Timwas DPR Desak Kualitas Makanan Jemaah Haji Dievaluasi

Adian Napitupulu

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA

"Kita buka peluang untuk duduk sama-sama. Targetnya sebanyak-banyaknya. Lebih dari pilkada kemarin," ucapnya. 

Terpopuler: Wanita Ngaku Malaikat Minta Uang, Suhu Panas di Arafah hingga Crazy Rich Maju Cagub

Adian menjelaskan, Tim Pemenangan Nasional Pilkada 2024 PDIP berasal dari berbagai elemen partai. Mulai dari anggota DPR terpilih pada periode 2024 hingga anggota DPR RI yang masih menjabat periode 2024-2029. 

Tim yang terdiri dari berbagai direktorat, seperti direktorat strategis, komunikasi politik, hingga hukum dan lainnya ini bertugas memberikan masukan kepada DPP, mengenai pemetaan politik di tiap daerah serta membantu calon-calon kepala daerah meraih kemenangan. 

"Kita akan memberikan pertimbangan ketika partai meminta, baiknya bagaimana menurut tim ini, ketika diminta, ketika tidak ya tidak, tetapi ketika DPP putuskan si A, si B, tugas kita apa? men-set up tim, begitu. Timnya begini-begini, kita akan bicarakan dengan DPD dan DPC set up-nya gimana,  ketika ini gimana-gimana," katanya.

Adian mengaku, dia sudah menerima surat keputusan (SK) dari DPP PDIP terkait Tim Pemenangan Pilkada 2024. SK tersebut ditandatangani langsung Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen, Hasto Kristiyanto.

"(Timnya) banyak ada 40 orang kalau gak salah, ditandatangani suratnya (pengangkatan SK) oleh Ketua Umum dan Sekjen nomor 942," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya