PKB Putuskan Nasib Lily-Gus Choi Pekan Depan

Effendy Choirie, Lily Wahid dan Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Partai Kebangkitan Bangsa akan segera menentukan sikap terkait keanggotaan Lily Wahid dan Effendi Choirie di DPR. Saat ini, PKB masih bermusyawarah terkait sanksi untuk dua legislator yang mendukung Hak Angket Mafia Perpajakan ini.

"Minggu depan baru bisa diputuskan. Sekarang Majelis Tahkim PKB sedang menimbang kesalahannya sejauh mana. Apakah perlu di-recall atau tidak," ujar Marwan.

Marwan menjelaskan, Majelis Tahkim PKB merupakan badan arbitrase partai untuk menimbang dan memutuskan keanggotaan seseorang yang melakukan pembangkangan secara organisatoris terhadap partai.

Marwan lalu menjabarkan sejumlah kesalahan yang dilakukan Lily, yang juga adik kandung pendiri PKB Abdurahman Wahid. "Kalau Bu Lily, sebetulnya bukan semata-mata karena angket pansus kemarin. Dia tidak pernah ikut rapat fraksi sama sekali," Kata Marwan.

Faktor lain yang lebih serius, Marwan juga menyebut Lily merongrong soliditas dan kewibawaan partai. "Bu Lily sering melakukan gugatan, yang secara tidak langsung merongrong kepemimpinan partai," imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen PKB Imam Nahrowi telah berulang kali mengingatkan Lily Wahid dengan risiko yang akan ditanggung lantaran sikapnya yang sering berseberangan dengan partai. "Tapi kata bu Lily: 'Saya tahu risikonya, dan saya siap di-recall'," kata Imam, menirukan Lily.

Imam juga menegaskan, hukuman ini berlaku kepada seluruh kader yang indisipliner dan membelot pada kebijakan partai. "Saya kira semua partai dan institusi apapun kalau ada anak buahnya tidak taat apakah akan didiamkan. Saya rasa tidak," ucapnya. (umi)

430 Jemaah Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci
Suporter sambut Timnas Indonesia U-23 di bandara

Timnas Indonesia U-23 Tiba di Bandara Soetta, STY : Terimakasih Atas Dukungannya

Timnas Indonesia U-23 telah tiba di bandara Soekarno-Hatta. Pelatih Shin Tae yong mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024