10 Partai Kecil Bentuk Partai Persatuan

Ketua Umum PMB Imam Addaruqutni
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Sepuluh partai politik yang gagal masuk parlemen berencana membentuk satu partai bersama yang disebut Partai Persatuan Nasional. Salah satu partai gurem yang ikut adalah Partai Matahari Bangsa.

Imam Addaruqutni, Ketua Umum PMB, menyatakan, pembicaraan mengenai Partai Persatuan Nasional sudah disepakati di tataran elite sepuluh partai. "Sekarang kami sedang melakukan sosialisasi ke daerah-daerah," kata Imam saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 15 April 2011.

Selain PMB, sembilan partai lain yang ikut dalam proses ini adalah Partai Demokrasi Pembaruan, Partai Nasional Benteng Kemerdekaan, Partai Persatuan Daerah, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Pelopor, Partai Patriot, Partai Indonesia Sejahtera, dan Partai Pemuda Indonesia.

Setelah sosialisasi dilakukan, Mei 2011 diharapkan infrastruktur di daerah sudah tertata. Kemudian sepuluh partai ini berharap bisa menggelar pertemuan pada Juni 2011 ini. Target itu untuk bisa mengikuti proses verifikasi partai politik di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang akan ditutup pendaftarannya pada Juli nanti.

"Kami optimistis bisa lolos verifikasi, karena pada dasarnya meski nanti partainya baru, infrastruktur sudah ada di daerah-daerah," kata Imam.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024