Partai Nasdem Pelanjut Cita-cita Ormas Nasdem

Nasional Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Meski Partai Nasdem berbeda dengan organisasi massa Nasional Demokrat, keduanya sama-sama mengusung agenda restorasi Indonesia. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Ahmad Rofiq, menyatakan, partai ini memberikan jawaban politik atas Ormas Nasional Demokrat.

"Yang perlu diketahui dulu, yang kami daftarkan itu Partai Nasdem, bukan Partai Nasional Demokrat," kata Rofiq saat dihubungi VIVAnews melalui telepon, Selasa 26 April 2011. "Namanya Nasdem saja, tanpa kepanjangan apa-apa."

Rofiq yang sebelumnya Sekretaris Jenderal Partai Matahari Bangsa itu menjelaskan, Partai Nasdem ini tidak ada hubungan apa-apa dengan Ormas Nasdem. Kebetulan, kata Rofiq, pembentuk partai ini juga anggota Nasdem.

"Ini kan gagasan dari kalangan muda yang ingin menyatakan perubahan politik yang cenderung pragmatis, memang harus ada kelompok baru yang bisa dijadikan sebagai alternatif," kata mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu. "Ada faktor kegelisahan mendalam, kalau bangsa ini tak terselamatkan," katanya.

Jadi, agenda Partai Nasdem ini sama dengan Ormas Nasdem? "Agendanya restorasi. Pasti," kata Rofiq. "Posisi Ormas Nasional Demokrat sebagai ormas, sementara partai memberikan jawaban bahwa perubahan menyeluruh hanya bisa dilakukan secara politik. Partai Nasdem menjadi jawabannya."

Ketua Umum Ormas Nasional Demokrat Surya Paloh pun, kata Rofiq, tidak bisa menghentikan langkah Rofiq dan kawan-kawan membangun partai ini. "Pak Surya sebagai tokoh besar, beliau juga saya kira tidak akan menghalangi. Wong anggota Nasional Demokrat terdiri dari berbagai macam partai politik," katanya.

Dan anggota Partai Nasdem pun diklaim Rofiq sebelumnya juga aktif di hampir semua partai. Jika Rofiq sebelumnya di PMB, maka Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella sebelumnya adalah Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional. "Kalau di daerah-daerah, saya rasa ada dari semua partai," katanya.

Dan Rofiq menyatakan semua pengurus Partai Nasdem dari berbagai partai itu sudah mengundurkan diri dari partai lamanya. "Saya sendiri juga sudah mundur dari PMB," katanya. "Kami semua memang sudah disediakan surat pengunduran diri dari partai lama."

Sementara Partai Nasdem sendiri, kata Rofiq, hampir melengkapi semua persyaratan untuk bisa ikut verifikasi partai politik peserta Pemilu 2014. "Nanti saya kabari kapan kami akan mengadakan acara besar," ujar Rofiq.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jorge Martin Start Terdepan di MotoGP Prancis 2024, Marc Marquez Posisi 13

Jorge Martin menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Prancis, Sabtu 11 Mei 2024. Pembalap Pramac Racing itu pun berhak untuk start dari posisi nomor 1 nantinya

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024