Demokrat Tak Takut Partai Baru

Jafar Hafsah (Politikus Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Partai Demokrat tak khawatir terhadap munculnya berbagai partai baru yang mulai mendaftar untuk ikut pemilihan umum 2014 mendatang.

Terpopuler: Shin Tae-yong 'Sentil' AFC, Indonesia Terhindar dari Israel

Bagi partai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, partai baru bukanlah lawan. Melainkan sahabat baru di blantika politik Indonesia.

“Saya akan menyampaikan kepada mereka selamat datang. Mereka adalah sahabat baru dan akan berjuang bersama-sama untuk merebut hati nurani rakyat,” kata Ketua DPP Partai Demokrat, Jafar Hafsah di Makassar.

Menurut dia, partai-partai yang baru lahir, seperti Nasional Republik, Partai Nasdem, PKB Indonesia, serta SMI, bukanlah ancaman. Karena Demokrat tidak berhadapan maupun berperang dengan partai manapun. Partai hanya berjuang dan berperang bagaimana merebut hati rakyat.

Demokrat pun tak khawatir kadernya akan pindah ke parta-partai baru tersebut. Bahkan, Demokrat, kata Jafar, sedang kewalahan menerima limpahan kader-kader partai lain yang ingin bergabung.

“Ketika Dede Yusuf bergabung bulan lalu, kami justru bingung mereka mau disimpan di mana di Demokrat. Artinya jika ada yang masuk, maka akan lebih banyak lagi yang akan masuk,” kata dia dengan optimistis.

Yang justru menarik, menurut Jafar, adalah munculnya Partai Nasdem yang sudah mendaftarkan diri ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Pasalnya, sebelumnya ada organisasi masyarakat dengan nama yang sama.

Terkait Partai Nasdem itu, Jafar mengaku Demokrat tidak mengeluarkan instruksi khusus sebagai tanggapan sebagaimana yang dilakukan Partai Golkar. “Selama Nasdem masih menjadi ormas, maka itu tidak ada masalah. Akan beda jika memang sudah betul-betul menjadi partai,” kata dia.

Terakhir, Jafar memprediksi peserta pemilu 2014 mendatang hanya akan diikuti oleh 20 partai saja. Itupun mayoritas dari partai berhaluan nasionalis-religius, atau religius-nasionalis. (Laporan: Rahmat Zeena, Makassar | umi)

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Jeritan Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberi pesan untuk wasit dan AFC jelang pertandingan melawan Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. 

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024