"Demokrat Tak Melindungi Kader yang Korupsi"

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Pimpinan Partai Demokrat kembali menegaskan tidak melindungi kedua kadernya, Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh, jika mereka terbukti salah dalam kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Jakabaring, Sumatera Selatan.

"Siapa pun oknumnya, tentu harus diusut tuntas," ujar Ketua DPP Partai Demokrat, Jeffri Riwu Rowe, dalam diskusi Polemik radio Trijaya bertajuk 'Ketika Proyek SEA Games Diproyekkan' di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu 14 Mei 2011.

Namun, Jeffri meminta agar semua pihak menggunakan asas praduga tak bersalah dalam kasus ini. "Jangan baru katanya-katanya, kemudian sudah dikatakan terlibat," ujar anggota Komisi X itu.

Maka, kata Jeffri,  KPK harus segera mengusut kasus ini, hingga ke arah permasalahannya. "Sehingga siapa yang salah dan benar akan terlihat jelas. Jadi bukan semata membela kader kita," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Pekerja ICW, Emerson Junto, menilai korupsi pembangunan wisma atlet, sebagai pembuktian dari KPK untuk berani mengusut kasus ini yang diduga melibatkan anggota dari salah satu partai besar Indonesia.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

"Ini momentum pembuktian bagi KPK untuk berani mengusut dan tidak dapat diintervensi, begitu juga bagi Partai Demokrat untuk tidak melindungi kadernya jika terlibat dalam kasus ini," kata Emerson.

Dia menilai saat ini korupsi sudah masuk ke dalam ranah olaraga. Mulai dari tujuh kasus dugaan korupsi di KONI dan 17 kasus dugaan  korupsi menggunakan dana APBD untuk klub sepak bola.

"Kasus ini menjadi sebuah arisan proyek, jangan sampai ada slogan di dalam proyek yang tidak sehat, terdapat korupsi yang kuat," kata Emerson.

Seperti diketahui, KPK menangkap tangan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam, Manajer Marketing PT Duta Graha Indah, M El Idris, dan Mindo Rosalina Manulang, yang berperan sebagai broker.

KPK menyita cek Rp 3,2 miliar. Suap diduga terkait proyek pembangunan wisma atlet di Palembang. Kasus ini menyeret ke DPR karena Rosa ditengarai kerap main ke DPR dan banyak kenal anggota Badan Anggaran DPR.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Nama dua politisi Demokrat, Nazaruddin dan Angelina Sondakh, disebut-sebut tersangkut meski keduanya sama-sama membantah memiliki hubungan dengan Rosa.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024