Pius Belum Dicopot dari BURT-DPR

Pius Lustrilanang (Gerindra) dan Marzuki Alie (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI belum mencopot anggota Fraksi Gerindra Pius Lustrilanang. Pencabutan Pius, yang kini menjabat Wakil Ketua BURT, belum bisa diproses karena dinilai masih rancu.

"Belum," kata Ketua BURT yang juga Ketua DPR Marzuki Alie, Rabu, 24 Agustus 2011. 

Marzuki menjelaskan ada surat dari Fraksi Gerindra yang meminta agar Pius tak lagi menjabat Wakil Ketua BURT. Tetapi, surat itu ada dua buah.  

"Suratnya itu rancu, suratnya ada dua. Ada yang ditarik, lalu dimasukkan ke Komisi IX. Ada yang minta ditarik, tapi nggak jelas ke mana," kata Marzuki yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Menurut Marzuki dua surat dari Gerindra itu sama-sama absah. Keduanya dikeluarkan secara resmi oleh Fraksi Gerindra. "Yang satu dikeluarkan Ketua Fraksi dan yang satu lagi dikeluarkan Wakil Ketua Fraksi," kata Marzuki.

Oleh karena itu, permintaan penarikan Pius dari posisi Wakil Ketua BURT belum bisa dilakukan. "Kami tunda dulu menunggu Ketua Fraksi," kata Marzùki.

Kemarin, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan, surat pencopotan Pius sudah disampaikan ke Fraksi dan diketahui oleh Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto. "Suratnya tanggal 16 Agustus, itu diketahui Pak Pembina. Di luar surat itu, ya surat hasil scan-scan-an kali," kata Fadli Zon saat berbincang dengan VIVAnews. Posisi Pius di BURT diusulkan diganti oleh Nur Iswanto.

Pius sendiri membantah telah dicopot oleh fraksinya. Menurutnya, hingga saat ini dia masih duduk di alat kelengkapan yang mengurusi kerumahtanggaan DPR itu.

Dia menjelaskan memang sempat terbit surat keputusan Fraksi yang menggeser dia dari jabatan itu. Surat itu terbit tanggal 30 Juni 2011. "SK baru dimasukkan ke Setjen DPR 30 Juli atau 1 Agustus. Jadi, mengendap sebulan," kata Pius kepada VIVAnews. (kd)

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Booth Suzuki di IIMS 2024

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

PT Suzuki Indomobil Sales mengumumkan ada kenaikan penjualan 14 persen, di kuartal pertama 2024 dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini didorong oleh beberapa faktor.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024